Latest News

Kumpulan Arti Istilah Dalam Instagram

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu Instagram? Anak muda sekarang hampir tahu Instagram bahkan punya akun Instagram.

Kalau toh ada yang tidak tahu apa itu Instagram, cuma ada dua kemungkinan. Dia yaitu orang yang tidak hidup di zaman ini, atau ia yaitu orang yang tidak tahu perihal Instagram, baik perkembangannya maupun kehadirannya. Loh?

Ya, hal tersebut mampu saja terjadi pada orang tua, pada kaum yang menolak media sosial, pada orang yang gres mengenal Instagram, atau pada orang yang sudah tahu Instagram tapi tidak mendalam mempelajari fitur-fitur di dalamnya.

Nah, untuk menawarkan balasan terhadap kebingungan itu, kami sudah menulis daftar istilah dalam Instagram beserta kegunaan dan penjelasannya.

Kebanyakan istilah dalam Instagram berbahasa Inggris, jadi bila anda arif bahasa Inggris, seharusnya anda sudah mampu lulus perihal istilah di Instagram tanpa harus membaca kumpulan istilah di bawah ini.

Tapi, belum tentu juga sih. Siapa tahu ada yang arif bahasa Inggris tapi tetap tidak tahu kegunaan satu istilah di Instagram menyerupai misalnya kata geo tag, dan segala macam.

Meskipun begitu, sekarang di Instagram sudah tersedia penggunaan bahasa Indonesia, sehingga mempermudah pemahaman dalam menggunakan Instagram. Lalu, untuk apa saya membuat kumpulan istilah ini sedangkan bahasa Indonesia saja sudah cukup memperjelas fitur-fitur yang ada di Instagram?

Tidak apa-apa, saya akan mencoba menawarkan penjelasan perihal istilah di Instagram. Siapa tahu anda ingin mengetahuinya lebih dalam.

Langsung saja, berikut ini yaitu kumpulan istilah dalam Instagram yang perlu anda ketahui.
  • Activity Feed
    Istilah gampangnya yaitu pemberitahuan. Di Activity Feed terdapat pemberitahuan perihal yang dilakukan Instagramer perihal akun Instagram anda menyerupai mention username anda, menawarkan komentar di post anda, atau menyukai post anda. Berguna untuk memberitahu anda perihal kejadian-kejadian yang berafiliasi dengan acara anda.
  • Bio
    Bio yaitu abreviasi dari Biography, yang merupakan keterangan singkat perihal diri anda sebagai Instagramer, sehingga orang lain mampu memahami siapa anda. Bio ini letaknya di bawah nama anda.
    Misalkan Bio diisi menyerupai ini:
    "Orang baik. Suka traveling, mancing, nonton TV, sinetron."
  • Caption
    Caption yaitu keterangan atau deskripsi perihal post yang anda kirimkan. Di dalam caption juga mampu memuat hashtag.
    Jadi, caption ini memiliki kegunaan untuk menawarkan keterangan perihal post yang dikirim. Tapi tak jarang juga yang membuat post tanpa menuliskan caption yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan post. Tapi itu tidak masalah, sebab menulis caption yaitu suatu kebebasan.
  • Comments
    Komentar! Semuanya tahu itu. Instagramer mampu mengomentari atau menawarkan pendapat perihal post yang diunggah oleh Instagramer lainnya.
    Dengan comment, mereka jadi mampu berinteraksi satu sama lain. Dalam comment juga mampu menyertakan akun Instagram milik orang lain, yang juga sering disebut dengan mention.
  • Feed, Gallery, atau Album
    Mungkin ada yang pernah menyebut tiga istilah di atas. Itu maksudnya yaitu koleksi gambar atau video yang ada di profil Instagramer. Bisa disebut feed, gallery, atau album. Tiap orang mungkin alirannya berbeda-beda dalam menyebut istilah koleksi foto. Kalau penulis sih tinggal sebut foto-foto saja.
  • Filters
    Filter yaitu fitur Instagram untuk menawarkan efek grafis pada gambar yang diunggah. Efek grafis ini ada banyak, sekitar 20 lebih. Salah satunya merubah pewarnaan pada gambar menjadi terang, bersih, sejuk, dan sebagainya (seperti di kamera 360).
  • Follower
    Bahasa sederhananya yaitu pengikut akun Instagram anda. Follower mampu menerima pemberitahuan atau kabar perihal post gres akun Instagram yang di-follow.
    Untuk melaksanakan follow, kunjungi akun Instagram yang ingin di-follow, kemudian ketuk tombol Follow yang tersedia.
  • Geotag
    Geotag yaitu lokasi yang menawarkan keterangan perihal post yang anda kirim. Geotag ini berfungsi untuk menunjukkan lokasi anda perihal post yang anda kirim. Misal anda sehabis berlibur di Temanggung. Anda berfoto ria dan mengunggahnya ke Instagram. Nah, geotag ini berfungsi menawarkan penanda perihal lokasi di mana foto tersebut di ambil. Anda mampu menawarkan keterangan geotag di Kota Temanggung.
  • Hashtag
    Tulisan akan menjadi hashtag bila diawali dengan simbol # atau tagar. Misalkan #MaknaIstilah, maka ia akan menjadi hashtag.
    Terus gunanya untuk apa? Hashtag memiliki kegunaan untuk membuat tren, spesifikasi, dan pengkerucutan terhadap suatu bidang tertentu.
    Misalkan ada hashtag #capek, bila hashtag tersebut diklik, maka akan menampilkan seluruh post yang di caption-nya terdapat hashtag #capek. Makara mempermudah saat Instagramer ingin melihat post perihal kategori tertentu.
  • Like
    Seperti media umum lain, Instagram juga punya fitur like yang gunanya untuk menawarkan ekspresi rasa suka kepada post yang diberikan like.
    Cara melaksanakan like tinggal ketuk dua kali pada post yang ingin diberi like.
  • News Feed
    Ini merupakan istilah untuk menyebut post terbaru yang ada di halaman beranda. Post-post ini milik akun Instagram yang anda follow dan akan tampil sesuai waktu pengunggahannya.
  • Post
    Post yaitu ungkapan yang merujuk pada gambar yang diupload oleh Instagramer (sebutan untuk pengguna akun Instagram). Post dalam bahasa Indonesia artinya kiriman yang berupa gambar atau video. Di dalam post mampu mengandung gambar/video, caption, geo tag, dan user tags.
    Cara membuat post sangat sederhana. anda tinggal siapkan gambar atau video yang ingin diunggah ke akun Instagram anda. Kiriman atau post akan muncul di akun profil anda dan muncul di beranda Instagramer yang mengikuti (follow) anda.
  • Private
    Private yaitu keterangan bahwa akun Instagram terkait tidak dapat ditampilkan oleh akun lain. Untuk mampu melihat profil Instagram yang di-Private, anda harus follow terlebih dahulu.
  • Username
    Username atau nama user memiliki kegunaan sebagai alamat akun Instagram anda. Username menjadi tanda pengenal dan pembeda akun anda dari Instagramer lainnya.
    Username ini diawali dengan tanda '@' misal @maknisblog, dan juga yang ada di url Instagram anda. Misalnya, http://www.instagram.com/maknisblog.
Itulah beberapa istilah dalam Instagram. Semoga mampu membantu anda. Semoga anda sudah tidak kesulitan lagi dalam menggunakan Instagram maupun dalam memahami fitur-fiturnya.

Sumber http://www.maknaistilah.com/