Latest News

Arti Kata 404 Not Found Dalam Meme Comic

Banyak
Mungkin anda sering mendengar kata 404 Not Found, terutama di media sosial. Banyak sekali penggunaan istilah ini khususnya di dunia komputer, bahkan meme comic pun sering membahas, menampilkan kelucuan menggunakan ungkapan yang misterius ini.

Arti Dalam Dunia Komputer

Konteks penggunaan istilah 404 Not Found di dunia komputer dan dunia meme berbeda. Pasalnya, di dunia komputer, istilah ini dianggap sebagai wacana yang serius sedangkan dalam dunia meme, istilah ini dijadikan sebagai unsur jenaka.

"404 Not Found" yakni pesan error yang ditampilkan oleh server suatu situs web saat user (pengguna) mencoba mengakses suatu halaman web tertentu, tapi halaman tersebut tidak ada atau sudah dihapus oleh server, kemudian pesan error 404 Not Found akan ditampilkan secara otomatis yang mana sudah diprogram oleh server/administrator.

Penggunaan Istilah

Penggunaan istilah 404 Not Found tidak selalu diungkapkan secara lengkap. Angka 404 saja gotong royong sudah mencakup arti secara keseluruhan. Ungkapan "Not Found" hanya sebagai penjelas saja. Tapi biasanya para pakar komputer sudah tahu maknanya meski hanya melihat dari angka 404 saja.

Arti Harfiah

Secara harfiah dan etimologis, angka 404 yakni angka yang dijadikan aba-aba kesalahan di HTTP oleh terminolog (pembuat istilah) dalam bidang komputer sebagai angka pengenal untuk mengindikasikan ketidaktersediaan suatu halaman web. 

Berbeda dengan aba-aba angka 300, 301, 302, 303, 403, 405, 406, 407, atau seterusnya. Angka 403 berarti kanal dilarang (Forbidden). 408 berarti undangan mengakses halaman terlalu lama, dikarenakan koneksi lambat dan sebagainya, maka akan memunculkan status "Request Timeout".

Kembali ke status angka 404 tadi. Penyebab suatu halaman web tidak dapat dijangkau oleh user dan lantas memperlihatkan pesan error 404 Not Found ada banyak. Beberapa di antaranya yakni karena:
  1. Halaman web sudah dihapus oleh admin.
  2. URL halaman web yang diakses sudah diganti (dipindahkan) oleh admin.
  3. Halaman web yang dituju memang dari dulu tidak ada. Misalnya user mengakses halaman web yang salah, katakanlah ia salah ketik URL yang benar sehingga membuat URL-nya salah destinasi dan berakibat error alasannya yakni halaman web tidak ditemukan di server.

Arti istilah 404 Not Found di Meme Comic

Penggunaan istilah 404 Not Found di Meme Comic juga tidak jauh berbeda dengan istilah di dunia komputer. Tapi, orang-orang di dunia meme menganggap istilah ini dengan pemaknaan yang lucu dikaitkan dengan hal tertentu. Contohnya begini:

Banyak

Atau begini,

Banyak

Bahkan istilah 404 ini juga sudah sering digunakan di kehidupan konkret loh. Contohnya digunakan sebagai penanda tidak boleh parkir.
Banyak

Nah, sekarang anda sudah tahu kan, makna istilah 404 Not Found di Meme Comic maupun di dunia komputer? Semoga artikel ini dapat membantu memperlebar cakrawala wawasan teman-teman semua.


Sumber http://www.maknaistilah.com/