Latest News

Apa Itu Istilah April Mop?

Hampir
Hampir semua umat insan zaman sekarang pernah mendengar kata April Mop bukan? Entah itu dari media sosial, dari film, dari siaran televisi, atau mungkin dari sahabat sendiri.

April Mop itu apa sih? Apakah April Mop bekerjasama dengan bulan April? Lantas apa arti dari kata April Mop ini? Simak ulasan di bawah.

April Mop ialah tradisi menjahili, membuat lelucon, iseng, membohongi, menipu orang lain ibarat teman, sahabat, dan keluarga dengan tujuan bersenang-senang tanpa merugikan antar pihak. April Mop ini harusnya tidak berbahaya karena hanya untuk lucu-lucuan saja. Dalam satu sisi, April Mop ini membangun kemesraan antar sahabat supaya semakin akrab.

April Mop berasal dari budaya Eropa yang Bahasa Inggris-nya ialah April Fools' Day. April Mop ini selalu diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya di seluruh dunia. Sampai sekarang belum diketahui secara pasti asal budaya tersebut diciptakan.

Arti Harfiah

Dalam Bahasa Inggris, kata fool berarti dua macam. Sebagai kata benda ia berarti bodoh, pandir, atau dungu. Sedangkan sebagai kata kerja, fool berarti mengejutkan, membodoh-bodohi seseorang. Seperti halnya dalam kalimat don't make fool of me yang artinya jangan mempermalukan aku.

Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, April Mop memiliki unsur kata mop yang menurut KBBI berarti lelucon. Itulah sebabnya kata April Fools menjadi April Mop dalam Bahasa Indonesia.

Di beberapa negara, April Mop dilakukan oleh orang-orang sebelum siang hari. Jika sudah lewat siang hari, maka orang-orang akan lega karena jikalau ada dagelan yang dilontarkan kepadanya sudah tidak dianggap sebagai April Mop lagi.

Peristiwa Lucu di Hari April Mop

Saking mendunianya April Mop ini, dan saking menyerapnya di benak orang-orang, membuat mereka tidak percaya dengan peristiwa yang terjadi pada 1 April. Seakan-akan peristiwa itu hanya April Mop saja. Padahal bahwasanya nyata, ibarat yang terjadi di Hawaii dan Alaska.

Pada 1 April tahun '46 lalu, terjadi sebuah gempa bumi dahsyat yang membuat laut di sekitarnya berhamburan menciptakan tsunami. Alhasil, banyak merenggut korban jiwa sampai mencapai 165 orang.

Setelah isu itu menyeruak ke banyak sekali penjuru, karena terjadi pada awal bulan April, orang-orang sempat tidak percaya dan mengiranya sebagai April Mop.

"Ah, palingan April Mop", mungkin ibarat itu respons orang-orang pada ketika itu.

Bahkan, karena kepopuleran isu perihal orang-orang menduga bahwa bencana itu hanyalah April Mop, kini insiden bencana tersebut lebih dikenal sebagai Tsunami April Mop.

Cara Melakukan April Mop

Di sini penulis tidak menyuruh pembaca untuk melaksanakan April Mop secara berlebihan yang dapat membahayakan orang lain. Jadi, penulis hanya memberitahukan ibarat apa sih tipuan yang dilakukan sama orang-orang nakal?

Jadi, untuk membuat April Mop, begini caranya:
  1. Siapkan hal yang dapat menjahili sahabat anda. Misalkan anda menempelkan stiker atau kertas yang direkatkan di bawah mouse sahabat anda. Dengan begitu, mouse tidak akan bekerja karena sinar merahnya tidak dapat mendeteksi pergerakan mouse.
  2. Pancing sahabat anda supaya ia terjebak dalam tipuan anda. Misal, suruh ia mengecek flashdisk anda di komputernya. Sehingga ia akan menggerakkan mouse-nya untuk membuka flashdisk anda di komputer. Dan sayangnya ia tidak mampu menggerakkan kursor mouse-nya. Dia akan menduga bahwa mouse-nya sudah rusak, padahal karena infra red-nya ditutupi dengan kertas.
  3. Ketawakan sahabat anda. Langkah terakhir yang paling penting dalam pembuatan April Mop ialah menertawakan sahabat anda.
Hampir
Keisengan April Mop
Itulah pengertian dari April Mop atau April Fools. Ternyata April Mop itu artinya bandel juga ya. Semoga membantu teman-teman semua yang penasaran dengan pengertian April Mop.

Sumber http://www.maknaistilah.com/