Latest News

Ini Sebenarnya Arti Kata Uttaran

serial
Banyak yang galau perihal arti kata Uttaran. Ya, serial TV asal India ini dikatakan oleh sebagian orang memiliki judul film yang bermakna fenomenal. Konon, kalau mengucapkan kata Uttaran, akan membuat kita batal sebagai orang Islam. Benarkah begitu?

Padahal, dalam bahasa India, Uttaran punya makna yang gamblang dan tidak ada hubungannya dengan pemurtadan agama.

Arti Istilah Uttaran

Kata Uttaran dalam Bahasa India menurut Wikipedia berarti sesuatu yang terbuang atau sesuatu yang sudah terpakai.

Sedangkan menurut salah seorang Hindi di sebuah forum besar kumpulan orang India, Uttaran berarti upgrading, atau dalam proses menginginkan sesuatu yang lebih. Dengan kata lain, ibarat halnya orang yang sedang bermimpi menggapai cita-citanya.
 
Namun tafsir lainnya, di forum yang sama, Uttaran dalam salah satu rumpun Bahasa India, yaitu Shabdoskh, punya dua kosa kata yang berarti sebagai berikut:

1. Uttran yaitu sesuatu yang sudah final digunakan, sehingga dibuang.
2. Utaran yaitu pakaian yang sudah renta dan kusam alasannya yaitu dipakai secara terus-menerus (kontinyu)

Dari dua kosa kata di atas, mampu disimpulkan bahwa istilah Uttaran memang benar ibarat yang dijelaskan oleh Wikipedia, berarti sesuatu yang sudah terpakai.

Seperti halnya yang terjadi di serial TV Uttaran. Ichcha, yang merupakan tokoh utama dalam film tersebut memiliki ikon sebagai orang yang terbuang.

Di lain sisi, beliau juga mengenakan pakaian yang dijahit, menyiratkan bahwa kisah ceritanya selaras dengan judul filmnya, Uttaran, yang bermakna pakaian yang sudah rusak.

Arti Alternatif Dari Sumber Lain

Lantas bagaimana dengan makna Uttaran yang orang-orang bilang bahwa artinya yaitu bantu kami dewa? Setelah aku browsing sana-sini perihal arti dan makna istilah Uttaran, aku tidak menemukan adanya keabsahan istilah tersebut yang berarti kalimat "bantu kami dewa".

Meskipun seandainya setelah dikonfirmasikan arti dari Uttaran yang sesungguhnya yaitu demikian, itu pun tidak akan mengurangi keimanan orang muslim. Karena kata-kata itu nilainya hanya di permukaan saja. Niat dan karsa dalam hati jauh lebih penting.

Jika aku membaca goresan pena "Demi Tuhan, aku kafir", bukan berarti aku eksklusif menjadi tidak beriman. Selama hatinya tetap sinkron dengan Tuhan, kata-kata tidak akan mengubahnya sama sekali menjadi murtad.

Bisa disimpulkan, bahwa arti kata Uttaran yang bergotong-royong menurut Bahasa India yaitu terpakai atau terbuang. Makna lain yang mengatakan bahwa arti Uttaran itu membuat seseorang menjadi tidak beriman itu tidak otentik, alasannya yaitu tidak mampu dibuktikan secara ilmiah.

Itulah arti dari kata dan istilah Uttaran. Bagaimana menurut pendapat anda? Apakah sekarang anda sudah mengetahui makna dari kata tersebut?

Sumber http://www.maknaistilah.com/