Latest News

Pengertian Sedimentasi dan Macamnya

Pengertian sedimentasi dan macamnya - Pengertian sedimentasi yaitu sebuah proses pengendapan material yang diangkut, hal ini mampu terjadi kalau batuan telah mengalami pelapukan serta pengikisan kemudian dibawa atau diangkut oleh tenaga alam. Proses terjadinya sedimentasi cukup memakan waktu yang lamma. Sedimentasi mempunyai dampak yang nyata menguntungkan maupun negatif merugikan. Sedimentasi terdiri dari banyak sekali macam atau jenis. Berdasarkan ari tenaga alam yang mengangkut sedimentasi terbagi atas sedimentasi air sungai, sedimentasi air laut, sedimentasi angin serta sedimentasi gletsyer. Dalam macam-macam sedimentasi tersebut akan kami bahas mengenai proses terbentuknya, apa yang dibentuk dan apa maksud pola dari sedimentasi tersebut.

Macam-macam Sedimentasi
A. Sedimentasi air sungai
Sebagian kecil bahan-bahan lepas yang diangkut air sungai diendapkan pada dasar sungai saat arus angin melemah, sedangkan bahan-bahan halus sebagian besar diendapkan dimuaranya. Pengendapan yang terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan terbentuknya bentukan-bentukan alam sebagai berikut:

1). Kipas aluvial atau alluvial fan dapat terbentuk alasannya sungai terjadi penurunan berpengaruh arus sebagai jawaban perubahan kemiringan, yang mana sungai bermula dari pegunungan yang tiba-tiba mencapai suatu daratan rendah yang mempunyai perbedaan yang mencolok sehingga material yang dibawa akan eksklusif terendap serta membentuk kerucut. Bentukan tersebut ada di lisan gerojokan atau di lembah pengunungan yang berada di perbatasan daratan.

2). Meander yaitu sebuah anutan sungai yang berkelok-kelok. Kejadian menyerupai ini sering kita jumpai pada tempat hilir suatu sungai yaitu di tempat anutan sungai yang terdapat di dataran rendah. Mender dapat terbentuk dikarenakan adanya reaksi dari anutan terhadap batuan yang homogen serta kurang tahan terhadap erosi. Lekungan menader terdiri atas 2 sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar. Arus sungai atau anutan air lebih deras di bab sisi luar daripada di bab sisi dalam meander, alasannya itu sisi luar lengkungan yang tererosi. Hasil dari pengikisan tersebut diendapkan di sisi dalamm lengkungan meander. Proses tersebut menimbulkan meander mampu membentuk setengah lingkaran bahkan hampir membentuk lingkaran penuh. Tahap dari perkembangan mender berikutnya yaitu batas daratan yang sempit yang memisahkan kelokan yang satu dengan yang lain alhasil terpotong anutan gres dan dapat membentuk danau tapal kuda atau disebut dengan (oxbow lake)
Pengertian Sedimentasi dan Macamnya
(Meander serta terbentuknya danau tapal kuda (Oxbow lake)

3). Dataran banjir ialah tempat yang sering digenangi air saat terjaddi hujan yang menimbulkan terjadinya air sungai eluap.

4). Delta adlah endapan sungai pada ujung muara. Di tempat muara sungai sering terjadi pengendapan yang sebagian besar materialnya diangkut oleh sungai tersebut. Delta mempunyai ukuran dan bentuk yang tidak sama. Faktor yang membuat perbedaan tersebut yaitu jenis batuan, keadaan demam isu dan kecepatan anutan sungai.

Terdapat beberapa jenis delta yang cukup terkenal yaitu:
  • Delta kaki burung di muara Sungai Mississippi
  • Delta busur di muara Sungai Nil
  • Delta muara, terdapat pada muara Sungai Seine, Inggris
  • Delta runcing di muara Sungai Tibet

B. Sedimentasi Air Laut
Pengertian Sedimentasi dan Macamnya
(Keterangan a. Nehrung, b. Naff, c. Delta )

Gelobang air laut selain dapat mengikis pantai juga bersifat membangun. Bahan-bahan lepas yang dibawa oleh air laut selain ada yang mengendap di bab dasar laut ada juga yang mengendap di sekeliling pantai dan membentuk gosong-gosong pasir.

Endapatn tersebut lama kelamaan akan semakin banyak dan terbentuk pengecap pasir/ tanah jawaban dari gelombang laut yang disebut kubu pesisir atau nehrung. Terkadang gelombang pasir mampu menghubungkan antara pantai dengan pulau yang terdapat disekitarnya.

Terkadang nehrung ini membentuk danau (air laut yang dipisah nehrung dan laut bebas). Danau tersebut disebut dengan haff. Gosong pasir yang menghubungkan antara daratan dan pulau terdekat dinamakan tombolo.

C. Sedimentasi Gletsyer
Sedimentasi gletsyer berawal dari moraine yaitu lenggokan dari kerikil kerikil, pasir dan lain-lain yang mengendap pada ujung gletsyer. Bentuk muka bumi yang berasal dari sedimentasi gletsyer yaitu:
  • Kame, yaitu endapan gletsyer yang terbentuk menyerupai dataran tinggi.
  • Osar yaitu endapan gletsyer yang bentuknya menyerupai punggung yang panjang dan sempit.
  • Til plain, yaitu daratan yang terbentuk dari hasil pengendapan gletsyer.
  • Drumlin yaitu bukut kecil yang bentuknya panjang bulat, dan sebagian terbentuk dari moraine dasar.

D. Sedimentasi Angin
Pengertian Sedimentasi dan Macamnya
(Bentuk bukit-bukit pasir alasannya sedimentasi oleh angin)

Angin yang membawa material-material lemah, sesudah kekuatannya mmelemah akan mengendapkan maaterial-material tersebut. Material-material tersebut mampu berupa bubuk dan pasir yang diendapkan di suatu tempat serta membentuk bukit-bukit pasir. Di tempat gurun pasir banyak ditemukan bukit-bukit pasir yang terbentuk alasannya sedimentasi angin. Sebagai pola bukit-bukit pasir mampu kita temui di pantai lhoknga Aceh dan pantai parangtritis di Yogyakarta.

Itulah penjelasan dari kami wacana Pengertian sedimentasi dan macamnya yang cukup singkat dari kami. Semoga penjelasan wacana pengertian sedimentasi dan macam macam sedimentasi tersebut dapat bermanfaat.

Sumber http://www.temukanpengertian.com