Latest News

Ini Sebenarnya Arti Dari Istilah Pokemon

Ini
Semenjak game Pokemon GO marak dimainkan oleh banyak kalangan, anak muda, hingga tua, banyak isu dan rumor yang mulai santer bermunculan dan didengar publik. Salah satu rumor yang paling kontroversial yaitu perihal korelasi Pokemon dengan kaum Yahudi.

Kontroversi

Ada yang mengatakan bahwa Pokemon dalam bahasa kuno di Timur Tengah, yaitu Syriac, berarti "Aku Yahudi". Sedangkan makna Pikachu dalam bahasa tersebut yaitu "Jadilah Yahudi".

Yang lebih parah, katanya arti dari nama Charmander yaitu "Tuhan itu lemah". Hal ini terang bertentangan sekali dengan arti nama Pokemon resminya dan tak heran kalau mendapat banyak pertentangan.

Bahkan saking hebohnya kabar tersebut, sampai-sampai banyak situs alay yang ikut mengcopas isu tersebut tanpa melaksanakan analisa terlebih dahulu perihal kebenaran isu itu.

Tidak Pernah Terbukti

Pasalnya tidak pernah ada bukti secara ilmiah perihal kebenaran isu bahwa makna Pokemon dalam bahasa Syriac yaitu menyerupai yang dijelaskan di atas. Kebanyakan dari mereka hanya main salin tempel saja tanpa ada sumber yang jelas.

Bahkan untuk menarik perhatian masa, artikel dibikin ekstrim-persuasif dengan judul yang membuat pembaca jadi geram dan mereka pun jadi terhipnotis untuk berbagi isu tersebut, yang mana masih belum terang betul tidaknya.

Mendapat Banyak Kontra

Berita ini ditentang oleh banyak pihak. Dalam surat kabar yang dinyatakan oleh Amman Yordania, Gereja Katolik Syriac Orthodox membantah keras anggapan perihal makna Pokemon yang katanya berkaitan dengan Yahudi dan pelecehan terhadap umat Islam.

Hingga, para petinggi gereja tersebut terperanjat mendengar kabar bahwa Pokemon mengandung usul untuk menjadi orang Yahudi.

Dengan adanya konfirmasi pribadi dari pihak Gereja Katolik Syriac, dapat disimpulkan bahwa Pokemon tidak memiliki unsur-unsur yang menghina Islam ataupun mengajak menjadi orang Yahudi.

Atau lebih jelasnya begini. Jika anda ingin menerima tanggapan yang lebih otentik lagi, coba anda pelajari bahasa Suryani atau Syriac ini terlebih dahulu.

Coba pelajari abjad per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, hingga anda mampu menafsirkan apa itu bahwasanya Pokemon. Tapi sayangnya kita malas untuk mempelajari itu, alasannya buang-buang waktu saja.

Jika toh seandainya Pokemon memang benar-benar memiliki unsur-unsur Yahudi, selama kita memaknainya dengan baik, bukankah itu tidak masalah? Itu artinya pesan 'busuk' mereka tidak tersampaikan kepada kita.

Apalagi kalau target mereka untuk mencuci otak anak-anak. Memangnya belum dewasa paham bahasa Suryani sehingga lantas mereka akan mengerti bahwa Pikachu artinya menjadi Yahudi?

Saya pun yakin orang yang meninggalkan Pokemon masih tetap menggunakan produk-produk yang berbau Yahudi. Maka dari itu, mari cari faedahnya saja. Tidak usah saling bermusuhan.

Arti Pokemon Sebenarnya

Padahal, secara resmi, Pokemon itu merupakan gabungan kata dari bahasa Inggris yaitu Pocket Monster. Pocket yaitu kantong, dan Monster yaitu makhluk yang wujudnya tidak biasa.

Jadi, menyerupai dalam Pokemon, monsternya mampu masuk ke dalam bola Pokeball yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam kantong, sehingga dinamakan Pokemon.

Bagaimana dengan Pikachu dan Charmander? Pikachu itu berasal dari bahasa Jepang, 'Pika' dan 'Chu'. Pika artinya yaitu tikus kecil, dan chu yaitu bunyi cicitan yang dihasilkan oleh seekor tikus.
Ini
Pikachu yaitu Pokemon Tikus
Jadi, cukup masuk akal, bahwa memang Pikachu yaitu Pokemon tikus yang imut dan lucu. Kata 'Chu' selain sebagai elemen ketikusan, juga membuat nama Pokemon ini menjadi terdengar lucu menyerupai karakternya.

Sedangkan Charmander bukan berarti Allah itu lemah. 'Char' dan 'Salamander' yaitu dua kata yang digabungkan menjadi satu, membentuk Charmander.
Ini
Charmander yaitu Salamander Api
Charmander yaitu Pokemon kadal yang memiliki kekuatan api dalam dirinya. Dalam bahasa Inggris Char artinya yaitu arang. Pecinta reptil tentunya tahu Salamander, yaitu hewan sejenis kadal.

Itulah ulasan aku mengenai makna bahwasanya dari Pokemon. Ini tafsir saya. Makara mampu benar, mampu salah. Tapi penulis berhak mencicipi dan mempercayai apa yang penulis percayai. Jika pembaca memiliki pandangan yang sama, berarti bukan hanya penulis saja yang berpikir menyerupai goresan pena di atas.

Tapi kalau masih ada yang ngotot bahwa Pokemon artinya yaitu Yahudi, maka itu hak anda untuk menafsirkan begitu. Yang jelas, aku sendiri tidak bermain Pokemon dan memuja-mujanya, alasannya Pokemon hanya hiburan dan hiasan di dunia saja.

Sumber http://www.maknaistilah.com/