Latest News

Daftar Lengkap Semua Arti Nama Pokemon

akhir
Akhir-akhir ini Pokemon menjadi santer dibicarakan, apalagi setelah kemunculan game Augmented Reality berjulukan Pokemon GO. Banyak sekali dari banyak kalangan yang mulai menggemari serial Anime garapan Jepang ini.

Tapi, tahukah anda bila nama-nama dalam Pokemon memiliki pesan dan makna yang tersembunyi? Bukan mengulas ihwal nama Pikachu, Charmander, dan lainnya yang katanya memiliki makna penghinaan terhadap satu kelompok tertentu. Kami akan membahasnya secara etimologis, yaitu dari kata per kata.

Baca juga: Istilah Pokemon Sebenarnya Bukan Aku Yahudi

Berikut ini yaitu daftar lengkap arti nama Pokemon:

Pichu, Pikachu, dan Raichu

Pichu yaitu Pokemon listrik sebelum berevolusi menjadi Pikachu. Kata Pichu terdiri dari dua suku kata, yaitu Pi dan Chu. Pi yaitu akronim dari "Pika" yang berarti tikus kecil. Sedangkan Chu yaitu bunyi yang dikeluarkan oleh seekor tikus menyerupai mencicit.

Pikachu berasal dari dua suku kata yaitu "Pika" dan "Chu". Kata pika sudah dijelaskan dalam ulasan sebelumnya yang berarti tikus kecil, dan chu yaitu bunyi cicitan tikus.

Raichu yaitu Pokemon evolusi dari Pikachu. Kata "Rai" di sini bermakna petir. Jika anda sering nonton anime Naruto, anda akan menjumpai salah satu tokoh pemimpin di desa petir berjulukan Raikage (bayangan petir). Kata Raichu di sini mungkin bermakna tikus yang berkekuatan listrik atau petir.

Charmander, Charmeleon, dan Charizard

Charmander terdiri dari dua unsur kata, yaitu char dan mander. Char dalam bahasa Inggris berarti arang, hangus, atau terbakar. Sedangkan kata mander merupakan singkatan dari salamander, sejenis kadal amfibi.

Charmeleon berasal dari dua kata, char dan meleon. Char sudah dijelaskan tadi. Meleon yaitu fragmen dari kata chameleon yang berarti bunglon.

Charizard merupakan gabungan dari kata char dan lizard. Lizard dalam bahasa Inggris berarti kadal. Jadi, Charizard yaitu kadal yang membakar.

Bulbasaur, Ivysaur, dan Venusaur

Bulbasaur, Ivysaur, dan Venusaur sama-sama memiliki suku kata -saur yang artinya kadal dalam bahasa Yunani. Seperti halnya hewan purba dinosaur yang berarti kadal besar.

Kata Bulb yaitu sebutan untuk jenis tanaman ubi-ubian yang notabene mungil menyerupai karakter Bulbasaur itu sendiri. Ivy juga salah satu jenis tumbuhan menjalar, yang secara ukuran lebih besar dari Ivysaur. Venus yaitu tumbuhan yang memiliki bunga besar pemakan daging. Jadi, Pokemon ini sejenis kadal dengan sifat tanaman dalam dirinya.

Squirtle, Wartortle, dan Blastoise

Nama Squirtle terdiri dari kata squirt dan -tle. Squirt berarti semprotan. -tle yaitu singkatan dari kata turtle yang berarti kura-kura. Pokemon ini menggambarkan kura-kura yang memiliki kekuatan menyemprot musuh menggunakan air.

Wartortle berasal dari kata war, tor, dan -tle. War berarti perang, tor yaitu singkatan dari tortoise yang berarti kura-kura besar, sedangkan -tle masih singkatan dari kata turtle. Pokemon ini yaitu kura-kura setengah kura-kura kecil dan setengah kura-kura besar yang suka berperang.

Blastoise berakar dari kata blast, yang berarti ledakan. Dan -toise yaitu singkatan dari tortoise. Pokemon ini merupakan kura-kura besar yang memiliki senapan besar di punggungnya yang dapat menjadikan ledakan.

Caterpie, Metapod, dan Butterfree

Caterpie mungkin merupakan akronim dari kata caterpillar yang berarti ulat dalam bahasa Inggris. Hal ini masuk nalar alasannya Pokemon ini juga berbentuk ulat.

Kata Metapod disusun dari dua kata, Meta dan Pod. Meta yaitu akronim dari kata metamorphosis, dan Pod yaitu semacam kepompong. Pokemon ini yaitu kepompong yang bermetamorphosis atau berubah bentuk dari ulat dan akan menjadi kupu-kupu.

Setelah menjadi kepompong, kemudian akan menjadi Butterfree. Sudah pasti namanya terdiri dari kata Butter dan Free. Butter yaitu akronim dari butterfly yang berarti kupu-kupu. Free berarti bebas. Jadi, Butterfree bisa berarti kupu-kupu yang bisa terbang bebas tanpa ada kekangan lagi.

Weedle, Kakuna, dan Beedrill

Weedle berasal dari kata Worm dan Needle. Worm yaitu cacing dan Needle yaitu jarum. Weedle yaitu Pokemon yang berbentuk cacing dan memiliki jarum untuk menyerang lawannya.

Kakuna yaitu pengucapan dari kata Cocoon dalam bahasa Inggris. Cocoon sudah dibahas sebelumnya, berarti kepompong. Kakuna yaitu Pokemon kepompong perubahan dari Weedle.

Beedrill yaitu gabungan kata antara Bee dan Drill. Bee yaitu tawon atau lebah, sedangkan Drill yaitu bor. Sebagaimana Beedrill merupakan Pokemon lebah yang menyengat musuhnya dengan bor jarum di ekornya.

Pidgey, Pidgeotto, Pidgeot

Semuanya berasal dari kata Pigeon yang berarti merpati atau burung dara. Mungkin akhiran nama -gey, -otto, dan -ot pada Pokemon ini hanya dijadikan sebagai pembeda saja.

Rattata dan Raticate

Rattata berasal dari kata Rat dan Rat-a-tat-tat. Rat yaitu tikus. Rat-a-tat-tat yaitu bunyi tikus yang bercicit-cicit lama.

Raticate terdiri dari kata Rat yang berarti tikus dan Eradicate yang berarti membasmi. Kata membasmi di sini yaitu kata satir atau sindiran alasannya biasanya tikus itu dibasmi sebagai hama, tapi Pokemon ini berperan sebagai tikus yang siap membasmi musuh-musuhnya.

Spearow dan Fearow

Spearow terdiri dari kata spear dan -row. Spear berarti tombak, dan -row yaitu kependekkan dari kata sparrow yang bermakna burung pipit.

Fearow juga hampir sama. Tapi Fearow terdiri dari kata fear yang artinya ketakutan. Jadi, Fearow yaitu burung pipit yang membuat musuhnya lari ketakutan ketika melawan dirinya.

Ekans dan Arbok

Ekans yaitu Pokemon ular yang untuk mengetahui arti namanya harus dibalik terlebih dahulu. Jadi, bila kata Ekans dibaca dari belakang akan berbunyi Snake yang berarti ular.

Arbok juga sama. Jika dibaca terbalik akan berbunyi Kobra. Dalam bahasa Indonesia berarti sejenis ular besar.

Sandshrew dan Sandslash

Sandshrew berasal dari kata sand yang berarti pasir. Shrew dalam bahasa Inggris artinya tikus. Jadi, Sandshrew ini berarti tikus pasir.

Sandslash bermakna sand dan slash. Sand yaitu pasir dan slash yaitu menyayat atau menggores. Sandslah yaitu Pokemon pasir yang kekuatannya mencakar musuh dengan cakarnya.

Nidoran, Nidorina, Nidorino, Nidoqueen, dan Nidoking

Dalam bahasa Jepang, Nido berarti dua. Di dunia Pokemon, Nidoran yaitu monster tikus yang memiliki dua gender. Ada Nidoran jantan dan Nidoran betina. Kata 'dua' pada nama Nidoran berarti distribusi jenis Pokemon yang terbagi menjadi dua, jantan dan betina.

Nidorina dan Nidorino terdiri dari kata Nido dan Rhino. Rhino berarti badak.

Nidoking dan Nidoqueen berasal dari kata King dan Queen. King yaitu raja, dan Queen yaitu ratu.

Clefairy dan Clefable

Clef yaitu simbol musik sedangkan Fairy yaitu peri atau bidadari. Itlah mengapa Clefairy memiliki sifat feminim menyerupai bidadari.

Fable berarti kisah atau dongeng. Clefable yaitu Pokemon yang memiliki nuansa kedongeng-dongengan.

Vulpix dan Ninetales

Vulpix terdiri dari kata Vulpine, yang berarti musang dan Six, berarti enam. Vulpix merupakan Pokemon rubah dengan enam ekor.

Ninetales terdiri dari kata Nine, yang berarti sembilan dan Tales yang berarti ekor. Ninetales yaitu musang besar berekor sembilan. Wujud dari Pokemon ini juga sedikit mengambil figur legenda asal Jepang, Kyuubi, makhluk ekor sembilan.

Jigglypuff dan Wigglytuff

Jigglypuff terdiri dari dua kata, Jiggle dan Pugg. Jiggle yaitu goyangan, Puff yaitu awan. Jigglypuff yaitu Pokemon awan yang suka bernyanyi berharap pendengarnya akan bergoyang-goyang menikmati lagu yang dinyanyikannya.

Wigglytuff berasal dari kata Wiggle dan Tough. Masih sama, Wiggle artinya goyangan. Sedangkan Tough artinya keras dan kuat. Wigglytuff tentunya lebih berpengaruh dari Jigglypuff.

Zubat dan Golbat

Zubat terdiri dari kata Zubatto dan Bat. Zubatto yaitu bunyi dipukul dalam Bahasa Jepang. Bat berarti kelelawar.

Sedangkan Golbat terdiri dari Ghoul dan Bat. Ghoul artinya hantu atau monster. Kaprikornus Golbat yaitu Pokemon kelelawar besar menyerupai monster.

Oddish, Gloom, dan Vileplume

Oddish berasal dari kata Odd dan Radish. Odd artinya aneh. Radish yaitu sayuran.

Gloom merupakan singkatan dari kata yang berulang-ulang, yaitu Gloom dan Bloom. Gloom artinya kesedihan, Bloom artinya mekar.

Vileplume berasal dari kata Vile dan Plume. Vile yaitu jelek. Plume yaitu kelopak bunga. Wujud dari Pokemon ini yaitu bunga bangkai yang sangat bau, jadi kebanyakan namanya mengandung makna denotasi buruk.

Paras dan Parasect

Paras yaitu akronim dari kata Parasite yang berarti benalu. Sedangkan Parasect dari kata Parasite ditambah Insect, yang berarti serangga.

Venonat dan Venomoth

Venom dan Gnat disingkat menjadi Venonat. Venom memiliki arti sebagai racun. Gnat yaitu serangga. Kaprikornus Venonat yaitu serangga beracun.

Venomoth memiliki unsur kata moth yang berarti serangga ngengat. Venomoth yaitu ngengat beracun.

Diglett dan Dugtrio

Diglett berasal dari kata Dig dan -lett. Dig yaitu mengeduk tanah. Akhiran kata -lett berarti kecil.

Dugtrio juga sama. Tapi terdapat kata trio yang berarti terdiri dari tiga subjek.

Meowth dan Persian

Meowth berasal dari kata Meow, yaitu bunyi kucing. Sedangkan Persian yaitu kucing yang berambut lebat.

Psyduck dan Golduck

Psyduck terdiri dari kata Psychic dan Duck. Psychic yaitu kekuatan supernatural. Duck yaitu hewan bebek.

Sama dengan sebelumnya, tapi Golduck memiliki kata Gold pada dirinya yang berarti warna emas. Padahal Pokemon ini warnanya biru. Bahkan warna badan Psyduck lebih keemas-emasan daripada Golduck.

Mankey dan Primeape

Kata Mankey yaitu pelafalan dari dari kata Monkey yang berarti monyet. Sedangkan Primeape berasal dari kata Prime (bermartabat) dan Ape (kera besar). Nama Primeape ini sendiri memiliki kemiripan dengan kosa kata Primate yang berarti primata atau hewan-hewan mamalia.

Growlithe dan Arcanine

Growlithe berasal dari kata Growl dan Lithe. Growl artinya menggeram dan lithe artinya ramping dan luwes.

Arcanine terdiri dari kata Arcane dan Canine. Arcane artinya jaman dulu dan penuh misteri. Sedangkan Canine yaitu keanjing-anjingan.

Poliwag, Poliwhirl, dan Poliwrath

Polliwog berasal dari kata Polliwog yang berarti kecebong. Adapun kata wog yang diubah menjadi wag juga punya alasan. Wog artinya yaitu pergerakan ekor. Pokemon ini sebagai kecebong tentunya sering mengepakkan ekornya.

Poliwhirl dan Poliwrath juga tak jauh beda. Kata Whirl bermakna putaran, sebagaimana garis putaran yang terdapat di verbal Pokemon Poliwhirl. Wrath bermakna kemarahan. Poliwrath memiliki tampang bergairah menyerupai halnya orang yang sedang marah.

Abra, Kadabra, Alakazam

Nama ketiga Pokemon ini berasal dari sebuah frasa sihir yang sangat terkenal yaitu kalau dalam bahasa Indonesia 'Simsalabim Abracadabra Alakazam'.

Nama Pokemon Abra dan Kadabra ini yaitu fragmen dari mantra Abracadabra, sedangkan Alakazam yaitu penggalam mantra terakhir. Pokemon ini juga menggunakan kekuatan magis untuk bertarung.

Machop, Machoke, dan Machamp

Machop berasal dari kata Macho dan Chop. Macho artinya orang yang macho, kuat, dan berotot. Chop berarti pukulan. Machop ini Pokemon yang menggunakan tinjunya untuk bertarung.

Machoke dan Machamp juga sama. Choke berarti mencekik, mungkin alasannya tangan Machoke jauh lebih besar dari Machop, jadi mungkin punya kecenderungan untuk mencekik leher musuhnya.

Machamp ini singkatan dari Macho dan Champ. Champ punya arti pemenang. Seperti dalam olahraga tinju, Machamp ini seakan-akan yaitu Pokemon jawara dalam adegan tinju-meninju dan pukul-memukul.

Bellsprout, Weepinbell, dan Victreebel

Bellsprout terdiri dari kata Bell dan Sprout. Bell artinya bunyi lonceng, mungkin alasannya bentuk Pokemon ini menyerupai lonceng. Sprout artinya tumbuh dan mekar. Pokemon ini berjenis tanaman.

Weepinbell berasal dari kata Weeping dan Bell. Weeping artinya duka dan bercucuran. Sedangkan Victreebel berasal dari kata Victory (menang), Tree (pohon), dan Bell (lonceng). Jadi, Victreebel ini yaitu pohon lonceng yang selalu menang dalam setiap pertempuran. Semoga saja menang.

Tentacool dan Tentacruel

Tentacool terdiri dari kata Tentacle dan Cool. Tentacle yaitu tentakel atau lengan gurita. Cool artinya cuek atau keren. Kaprikornus Tentacool yaitu gurita yang masih keren.

Tentacruel terdiri dari kata Tentacle dan Cruel. Cruel artinya yaitu kejam. Pokemon ini punya tampang kejam dan jahat, menyerupai namanya.

Geodude, Graveler, dan Golem

Geodude berasal dari kata Geo- dan Dude. Geo secara etimologi bermakna kebumian. Dude yaitu seorang pria. Geodude ini memang Pokemon jantan yang berbentuk batu.

Graveler terdiri dari kata Gravel yang artinya kerikilan. Sedangkan Golem yaitu sejenis kerikil raksasa.

Ponyta dan Rapidash

Ponyta berasal dari kata Pony dan Ponytail. Pony artinya kuda kecil. Ponytail yaitu gaya rambut yang dikucir ke belakang menyerupai ekor kuda.

Rapidash berasal dari kata Rapid, Ash, dan Dash. Ketiga kata tersebut punya makna yang dalam untuk menggambarkan karakter Pokemon ini. Rapid berarti cepat, Ash yaitu debu dari api, dan Dash yaitu gerakan cepat. Pokemon ini berbentuk kuda dengan rambut yang berkobar sebagai api.

Slowpoke dan Slowbro

Slowpoke terdiri dari dua kata dasar, Slow (pelan). Slowpoke sendiri punya makna dalam bahasa Inggris yang artinya sebutan untuk orang yang lambat.

Slowbro juga punya arti yang tidak beda jauh. Bedanya, Slowbro mungkin berarti "Pelan-pelan bro". Bro di sini berarti yaitu teman.

Magnemite dan Magneton

Magnemite berasal dari kata Magnet dan Mite. Magnet pastinya anda sudah tahu apa artinya. Mite yaitu benda yang kecil. Kaprikornus Magnemite yaitu Magnet yang berukuran kecil.

Magneton berasal dari kata Magnet dan Ton. Ton artinya yaitu benda berat dan lebar.

Doduo dan Dodrio

Doduo dan Dodrio berasal dari kata Dodo, sejenis burung yang sudah punah. Duo yaitu terdiri dari dua subjek dan Drio berasal dari kata Trio, terdiri dari tiga subjek. Doduo yaitu Pokemon burung yang mempunyai dua kepala dan Dodrio punya tiga kepala.

Seel dan Dewgong

Seel berasal dari kata Seal yang berarti hewan mamalia air. Dewgong berasal dari kata Dugong dan Dew. Dugong, kosa kata serapan dari bahasa Indonesia, yaitu hewan mamalia laut. Sedangkan Dew artinya yaitu embun.

Grimer dan Muk

Grimer berasal dari kata Grime. Muk dari Muck. Keduanya punya arti yang sama, yaitu kotor.

Shellder dan Cloyster

Shellder terdiri dari kata Shell dan Shellter. Shell artinya cangkang dan Shelter yaitu perlindungan. Kaprikornus Shellder yaitu Pokemon yang melindungi diri dengan cangkang miliknya.

Cloyster terdiri dari kata Clam, Oyster, dan Cloister. Clam yaitu remis besar, dan Oyster yaitu tiram. Cloister sendiri bermakna bangunan keagamaan kokoh yang terpisah.

Gastly, Haunter, dan Gengar

Gastly berasal dari kata Gas dan Ghastly. Gas yaitu zat yang tak dapat terlihat tapi bisa dirasakan, menyerupai udara. Ghastly sendiri artinya mengerikan. Gastly ini memang Pokemon hantu yang mungkin di dunia Pokemon dianggap mengerikan.

Haunter dalam bahasa Inggris artinya orang yang menakut-nakuti orang lain. Sedangkan Gengar berasal dari kata doppelgänger yang artinya bayangan seseorang.

Drowzee dan Hypno

Drowzee berasal dari kata Drowsy dan Zee. Drowsy itu capek dan ngantuk. Zee berasal dari abjad 'Z' yang bila orang sedang tidur mendengkur biasanya dalam komik digambarkan dengan abjad 'zzZZZ'.

Hypno berasal dari kata Hypnosis yang artinya mensugesti biar cepat tidur. Cara bertarung Pokemon ini juga sama, yaitu membuat musuh tertidur dengan jurus-jurusnya.

Krabby dan Kingler

Krabby dari kata Crabby artinya pemarah. Tapi kata Crab bisa bermakna kepiting, sebagaimana bentuk Pokemon ini.

Kingler yaitu singkatan dari King dan Fiddler. King artinya raja, Fiddler yaitu sejenis kepiting yang capitnya besar satu, menyerupai bentuk Pokemon-nya.

Voltorb dan Electrode

Voltorb berasal dari kata Volt dan Orb. Volt yaitu satuan potensial listrik dan Orb yaitu benda berbentuk bola.

Electrode terdiri dari Electrode dan juga Explode. Electrode yaitu kawat logam yang mengaliri listrik. Explode yaitu meledakkan diri sendiri.

Exeggcute dan Exeggutor

Exeggcute terdiri dari kata Egg dan Execute. Egg artinya telur. Execute artinya membunuh atau mengeksekusi. Kata Cute juga mengindikasikan bahwa Pokemon ini masih lucu dan culun. Jadi, Pokemon ini yaitu telur pembunuh meskipun bentuknya mungil.

Exeggutor berasal dari kata Egg dan Executor. Executor tidak jauh beda dengan kata Executo. Hanya saja, Executor yaitu subjek yang melaksanakan pembunuhan, dengan kata lain yaitu algojo.

Cubone dan Marowak

Cubone berasal dari kata Cub dan Bone. Cub artinya yaitu hewan kecil yang masih bayi sedangkan Bone artinya tulang. Hewan ini memang memiliki karakteristik menyerupai bayi yang suka menangis dan memakai helm berbahan tulang. Dia juga membawa tulang sebagai senjata.

Marowak berasal dari kata Marrow dan Whack. Marrow artinya yaitu tulang sumsum. Whack artinya pukulan yang sangat keras.

Hitmonlee dan Hitmonchan

Hitomonlee berasal dari kata Hit, Mon, dan Lee. Hit artinya pukul, Mon artinya monster, dan Lee yaitu acuan pada tokoh bela diri legendaris Bruce Lee. Pokemon ini bertarung menggunakan kemampuan bela dirinya menyerupai Bruce Lee.

Hitmonchan memiliki makna kata yang sama bedanya kata Chan berasal dari nama bintang film bela diri terkenal yaitu Jackie Chan.

Koffing dan Weezing

Koffin yaitu pelafalan untuk kata Coughing yang dalam Bahasa Inggris artinya batuk. Pasalnya, Pokemon ini mengeluarkan asap dari mulutnya yang biasanya membuat orang batuk.

Weezing berasal dari kata Wheezing yang artinya susah bernafas. Mungkin alasannya kadar asapnya sudah terlalu banyak di tubuhnya.

Rhyhorn dan Rhydon

Rhyhorn berasal dari dua kata, Rhino dan Horn. rhino yaitu rino dan Horn yaitu tanduk.

Rhydon berasal dari kata yang sama yaitu Rhino, ditambah dengan kata Don, yang berarti tuan. Pokemon ini memang berbentuk menyerupai rino dengan cula besar di kepalanya.

Horsea dan Seadra

Horsea merupakan kebalikan dari kata Seahorse, yang artinya kuda laut. Selain itu, Horsea bila dibaca akan berbunyi Horsie, sebutan untuk kuda yang lucu.

Seadra yaitu kebalikan sekaligus singkatan dari kata Dragon Sea, naga laut.

Goldeen dan Seaking

Goldeen singkatan dari kata Goldfish dan Queen. Goldfish yaitu ikan mas koki. Queen artinya ratu.

Seaking terdiri dari kata Sea dan King. Sea artinya laut dan King yaitu raja. Seaking artinya raja laut.

Staryu dan Starmie

Staryu yaitu Pokemon laut berbentuk bintang. Seperti namanya, Star, juga artinya bintang. Yu berasal dari kata You, artinya kamu. Entah artinya apa.

Starmie juga sama. Mie berasal dari kata Me, artinya aku. Kebalikan dari kata You. Mungkin ini esensi dari kedua nama Pokemon ini.

Magikarp dan Gyarados

Magikarp berasal dari kata Magic dan Carp. Magic artinya asing atau kekuatan gaib. Carp yaitu ikan gurame. Magikarp ini merupakan Pokemon yang ajaib, alasannya meskipun beliau lemah, tapi ketika beliau bermetamorfosis Gyarados, beliau menjadi berpengaruh sekali, belipat-lipat dari Magikarp.

Gyarados sendiri berasal dari kata Gyre yang artinya putaran yang sangat cepat, menyerupai pada pusaran air.

Eevee, Vaporeon, Jolteon, dan Flareon

Jika anda membaca goresan pena Eevee, maka akan sama ketika anda membaca abjad E-V, yang merupakan akronim dari Evolusi. Pokemon ini memang sangat bertumpu pada kemampuan evolusinya yang beragam, bisa menjadi Vaporeon, Jolteon, dan Flareon.

Vaporeon berasal dari kata Vapor dan Eon. Vapor artinya kukus air. Eon atau Aeon artinya berabad-abad lamanya, menyerupai sifat evolusi yang membutuhkan waktu lama di dunia nyata.

Jolteon dan Flareon juga sama. Tapi, Jolt artinya kejutan listrik dan Flare yaitu kobaran api.

Omanyte dan Omastar

Omanyte berasal dari kata Ammonite yang berarti cangkang fosil. Sedangkan Omastar terdiri dari kata Ammonite dan Star, yaitu cangkang berbintang.

Kabuto dan Kabutops

Dalam bahasa Jepang, Kabuto artinya helm. Kabutops, terdiri dari Kabuto dan Top (atas), artinya helm-nya di atas, menyerupai halnya bentuk Pokemon ini yang kepalanya keras menyerupai helm.

Articuno, Zapdos, dan Moltres

Articuno, singkatan dari Artic, artinya dingin, menyerupai tempat di Kutub Utara. Sedangkan Uno artinya satu dalam bahasa Spanyol. Articuno merupakan Pokemon legendaris pertama yang memiliki elemen es.

Zapdos berasal dari kata Zap dan Dos. Zap yaitu bunyi kejutan listrik, Dos dalam bahasa Spanyol artinya dua. Zapdos yaitu Pokemon legendaris kedua yang memiliki elemen api.

Moltres berasal dari kata Molten dan Tres. Molten artinya lelehan alasannya terbakar, Tres dalam bahasa Spanyol artinya tiga. Moltres yaitu Pokemon legendaris ketiga yang memiliki elemen listrik.

Dratini, Dragonair, dan Dragonite

Dratini terdiri dari kata Dragon dan Tiny. Dragon yaitu naga dan Tiny yaitu kecil. Dratini yaitu Pokemon kecil berbentuk naga.

Dragonair berasal dari kata Dragon dan Air. Air yaitu udara. Dragonair yaitu naga yang terbang tinggi menyerupai tingginya keagungan yang melekat pada dirinya.

Dragonite berasal dari kata Dragon dan Knight. Knight bermakna ksatria.

Mew dan Mewtwo

Mew yaitu bunyi kucing. Two yaitu dua. Mungkin Mew yaitu Pokemon hasil eksperimen seorang profesor yang pertama. Mewtwo hasil kedua.

Pokemon Lainnya

  • Aerodactyl tersusun dari kata Aero-, yang artinya terbang dan Pterodactyl, hewan reptil terbang zaman purba.
  • Snorlax terdiri dari kata Snore dan Lax. Snore yaitu bunyi dengkuran ketika sedang tidur. Lax artinya pemalas. Pokemon ini hobinya tidur.
  • Farfetch'd yaitu Pokemon unggas yang memiliki arti tak mungkin dari kata Far-Fetched. Arti secara cuilan kata yaitu susah dijangkau, dengan kata lain tidak mungkin.
  • Onix berasal dari kata Onyx yang berarti sejenis kerikil akik.
  • Lickitung adalah Pokemon yang suka menjilat. Namanya juga diambil dari kata Lick dan Tongue. Lick artinya menjilat dan Tongue yaitu lidah.
  • Chansey berasal dari kata Chance yang berarti kesempatan.
  • Tangela berasal dari kata Tangle yang artinya untaian tali yang terbelit-belit.
  • Kangaskhan terdiri dari kata Kangaroo dan Genghis Khan. Kangaroo yaitu hewan Kanguru dan Genghis Khan yaitu seorang pemimpin berpengaruh yang sangat melegenda asal Mongolia.
  • Mr. Mime terdiri dari Mister dan Mime. Mister yaitu sebutan untuk memanggil pria yang dihormati. Mime atau Mime Artist yaitu Pantomim, seni yang menghibur penonton dengan bahasa badan di atas panggung, tanpa suara.
  • Scyther berasal dari kata Scythe yang berarti sabit besar. Pokemon ini yaitu belalang yang memiliki sabit.
  • Jynx berasal dari kata Jinx, yang artinya kutukan atau nasib buruk. Pokemon ini memang mempunyai penampilan fisik yang horor.
  • Electabuzz berasal dari kata Electricity dan Buzz. Electricity artinya energi listrik. Buzz yaitu bunyi bising yang diakibatkan oleh listrik. Pokemon ini bertipe listrik.
  • Magmar berasal dari kata Magma yang artinya bebatuan yang meleleh di dalam gunung berapi. Pokemon ini bertipe api.
  • Pinsir berasal dari kata Pincer yang berarti cakar kepiting.
  • Tauros berasal dari kata Taurus. Yang lahir antara 21 April sampai 21 Mei dan pasti tahu betul apa itu Taurus. Taurus yaitu zodiak berbentuk banteng dan juga merupakan makhluk mitologi asal Yunani.
  • Lapras mungkin berasal dari kata Loch Ness, hewan mitologi modern yang bentuknya menyerupai dengan Lapras.
  • Ditto dalam bahasa Inggris artinya yaitu tiruan atau salinan. Pokemon ini bisa menyamar dan menggandakan wujud Pokemon lain sehingga akan terkelabuhi.
  • Porygon adalah berasal dari kata Polygon, artinya banyak sekali sisi.
Itulah beberapa daftar arti nama dalam Pokemon. Masih ada banyak sekali Pokemon lainnya yang belum dapat kami ulas pengertiannya di sini. Semoga membantu meningkatkan wawasan anda.

Referensi: http://pokemondb.net/etymology

Sumber http://www.maknaistilah.com/