Latest News

Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul

atau
(foto: bahasa gaul, bahasa ngetren, atau bahasa media umum menyerupai misalnya kata gabut. Apa sih arti dari kata itu?
Menurut beberapa sumber setelah saya mencari kesana kemari, saya menerima hasil dengan arti kata gabut yang berbeda-beda. Maklum sebab istilah, kata, dan ungkapan kan bekerjasama dengan sudut pandang masing-masing penutur, jadi mampu berbeda-beda. Selanjutnya, saya simpulkan beberapa definisi dari gabut sebagai berikut:

Makna Awal

Gabut adalah kata gaul yang memiliki akronim “Gaji Buta”. Istilah ini diyakini pertama muncul semenjak tahun 2011 berdasarkan kitabgaul.com. Kabarnya istilah ini ngetrend di tahun 2014-2015-an dengan makna yang berbeda.

Bagaimana Penggunaan Istilah Gabut?

Istilah gabut sering digunakan untuk menyebut pekerja/karyawan/buruh yang tidak melaksanakan pekerjaannya dengan baik sehingga seseorang mengatainya dengan sebutan ‘gabut’, maksudnya ialah makan gaji buta sebab seharusnya pekerja/karyawan melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan apa yang ditugaskan kepadanya dengan baik sebanding dengan gaji yang diperoleh.

Contoh Kalimat Kata Gabut

  1. Kamu gabut banget sih. Kan kau kepala departemen ini. Masa absen ngantor.
  2. Jangan gabut deh, kerja sana!
  3. Yaelah, ngerjainnya kok asal-asalan gitu, masa prinsipnya yang penting jadi. Gabut tau!

Makna Gabut Modern

Menurut kitabgaul.com, kata gabut juga memiliki makna yang merupakan akronim dari “belaga buta”. Artinya ialah berlagak atau berpura-pura tidak melihat seseorang yang lewat atau melintas padahal gotong royong melihat.

Contoh kalimatnya:
  1. Haduh, kau sombong. Aku lewat kau gabut nih sama aku.
  2. Wah kok ada ia disini sih, kita gabut aja yuk.
Adapun kitabgaul.com menunjukkan klasifikasi makna yang lebih luas wacana kata gabut. Salah satu arti lainnya ialah sebagai perasaan bosan.

Contoh kalimatnya:
  1. Keluar yuk. Gabut banget di rumah nggak ada hiburan.
  2. Gabut, selfie dulu ah.
Sedikit screenshot dinamika orang yang sedang gabut, diambil dari hashtags.org:

atau
screenshot gabut tweets dari twitter
Itulah beberapa arti, makna, dan klasifikasi dari kata 'gabut'. Bagaimana? Apakah sekarang anda sudah mengetahui definisi dari istilah tersebut?

Sumber http://www.maknaistilah.com/