Latest News

Pengertian Penelitian Survei Serta Karakteristik Dan jenisinya

Pengertian Penelitian Survei. Penelitian Survey merupakan metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Tujuannya untuk memperoleh informasi ihwal sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Berikut yaitu penjelasan seputar pengertian Penelitian Survey, Karakteristik Ilmiah Penelitian Survei, Dasar Dalam Melakukan Penelitian Survei Dan Jenis Penelitian Survei serta Hal yang perlu dihindari dalam Penelitian Survei.

Definisi Penelitian Survey

Dikutip dari Wikipedia pengertian Penelitian survei yaitu merupakan suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan pada responden dalam berbentuk sample dari sebuah populasi. Dalam penelitian survei, peneliti meneliti karakteristik atau kekerabatan alasannya yaitu akhir antar variabel tanpa adanya intervensi peneliti.

Menurut M. Nazir 2005 Pengertian Penelitian survei yaitu penyelidikan yang dilakukan untuk menerima fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik ihwal institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok atau suatu individu.

Karakteristik Ilmiah Penelitian Survei

  1. Logic. Dilandasi dengan kerangka pikiran yang nalar, runtut, dan sistematis
  2. Deterministic. Bukan saja melukiskan fakta secara deskriptif, namun dapat pula melalui analisis ausalitas.
  3. General. Hasilnya dapat digeneralisasikan pada wilayah yang lebih luas
  4. Parsimonious. Dalam waktu singkat, dapat menghasilkan banyak informasi dan dapat dimanfaatkan untuk banyak tujuan.
  5. Spesifik. Berasal dari permasalahan yang dipilih secara spesifik.

Dasar Dalam Melakukan Penelitian Survei

  1. Dengan membentuk hipotesis awal, menentukan jenis survei yang akan dilakukan akankah melalui surel (e-mail), wawancara (interview), atau telepon, membuat pertanyaan-pertanyaan, menentukan kategori dari responden, dan menentukan setting penelitian.
  2. Merencanakan cara untuk merekam data dan melaksanakan pengujian awal terhadap instrumen survei.
  3. Menentukan target populasi responden yang akan di survei, membuat kerangka sampel survei, menentukan besarnya sampel, dan memilih sampel.
  4. Menentukan lokasi responden, melaksanakan wawancara (interview), dan mengumpulkan data.
  5. Memasukkan data ke komputer, mengecek ulang data yang telah dimasukkan, dan membuat analisis statistik data.
  6. Menjelaskan metode yang digunakan dan menjabarkan hasil penemuan untuk menerima kritik, serta melaksanakan evaluasi.

Jenis Penelitian Survei

  1. Melalui surat (mail-questionare) merupakan cara untuk menguji tanggapan responden melalui pengiriman kuesioner via pos. Kelebihan dari mail-questionare yaitu hemat biaya, hemat waktu, responden bisa memilih waktu yang sempurna baginya untuk mengisi kuesioner, ada jaminan kerahasiaan (anonymity) yang lebih besar, keseragaman kata, serta banyak responden yang dapat dicapai (dibandigkan dengan pengiriman pewawancara ke banyak tempat). Sedangakan, kekurangannya yaitu tidak fleksibel, terdapat kecenderungan rendahnya tanggapan (response rate), hanya perilaku mulut yang tercatat, tidak ada kendali atas lingkungan (ribut, diganggu), tidak ada kendali atas urutan pertanyaan, bisa menjadikan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab, tidak bisa merekam balasan secara spontan, kesulitan untuk membedakan antara tidak menjawab (non-response) dengan salah alamat, tidak ada kendali atas waktu pengembalian, tidak dapat menggunakan format yang kompleks, dan bisa menerima sample.
  2. Metode wawancara tatap muka (face-to-face interview) merupakan cara untuk menguji tanggapan responden dengan bertemu muka atau berhadapan langsung. Kelebihan dari penelitian face-to-face interview yaitu fleksibilitas, tingkat respon (response rate) yang baik, memungkinkan pencatatan perilaku non verbal, kendali atas lingkungan waktu menjawab, kemampuan untuk mengikuti urutan pertanyaan dan pencatatan balasan seecara spontan, responden tidak bisa curang dan harus menjawab sendiri, terjaminnya kelengkapan balasan dan pertanyaan yang dijawab, adanya kendali atas waktu menjawab pertanyaan, serta dapat digunakan untuk kuesioner yang kompleks.[5] Sedangkan, kelemahannnya yaitu biayanya yang mahal, waktu yang diharapkan untuk bertanya dan untuk berkunjung ke lokasi, tidak ada kesempatan bagi responden untuk mengecek fakta, mengganggu responden, kurang menjamin kerahasiaan, kurangnya keseragaman pertanyaan, serta kurang bisa diandalkan untuk mencapai banyak responden.
  3. Wawancara telepon (telephone interview) merupakan cara menguji tanggapan respondenvia telepon. Kelebihan dari telephone interview yaitu tingkat respon (Respon rate) lebih tinggi dari mail atau self administered. memnungkinkan untuk menjangkau geografis yang luas/ jauh, waktu lebih singkat, dapat mengontrol tahapan pengisian kuesioner, dapat melaksanakan pertanyaan lanjutan probing, dan memungkinkan untuk format pertanyaan yang lebih kompleks. Sedangkan, kekurangannya yaitu biaya tinggi, panjang wawancara terbatas, terbatas untuk responden yang memiliki telepon, mengurangi anonimitas, sulit untuk pertanyaan terbuka, membutuhkan sumbangan visual, serta hanya dapat mencatat hal-hal tertentu dari latar belakang bunyi atau intonasi suara.

Hal yang perlu dihindari dalam Penelitian Survei

  1. Hindari penggunaan jargon (contoh : sosialisasi, demokrasi), kata-kata slank (contoh : gaptek, cupu, geje) , dan penggunaan singkatan.
  2. Hindari ambiguitas atau pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan dan pertanyaan yang kabur.
  3. Hindari bahasa yang emosional dan bias prestise (gelar) à gunakan bahasa yang netral.
  4. Hindari pertanyaan yang di dalam satu kalimat terdapat 2 pertanyaan sekaligus (double barraled).
  5. Hindari pertanyaan yang mengarahkan balasan responden (leading question).
  6. Hindari pertanyaan yang di luar kemampuan responden untuk menjawabnya.
  7. Hindari pertanyaan yang dimulai dengan premis yang salah.
  8. Hindari pertanyaan mengenai masa depan.
  9. Hindari pertanyaan yang menggunakan dua pernyataan negatif (double negative).
  10. Hindari pertanyaan dengan kategori balasan yang tumpang tindih.
  11. Hindari pertanyaan bodoh.

Sumber
Wikipedia.org

Sumber http://seputarpengertian.blogspot.co.id/