Latest News

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Pada dikala kita sekolah di waktu upacara tentunya sering kita dengar Pancasila. Namun tahukah kau apa itu pancasila dan kenapa mampu disebut pancasila. Untuk anda yang sering dengar panca sila namun belum mengetahui perngertian panca sila, maka anda dapat menyimak penjelasan yang akan kami berikan dalam artikel kali ini yaitu perihal Pengertian pancasila secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Pancasila Secara Umum

Kata “Pancasila” dilihat dari asal usulnya berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari 2 suku kata yaitu panca dan syila. Arti kata panca yaitu lima sedangkan arti kata syila yaitu aksara yang dibaca pendek memiliki arti dasar, satu sendi, asas, atau alat. Dan kata Syila dalam pengucapan i yang panjang (syi:la) artinya peraturan perihal tingkah laku yang baik, yang penting atau utama. Sehingga Pancasila mampu diartikan berlaku sendi, lima. Atau pelaksanaan lima kesusilaan, atau lima tingkah laku utama.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Di bawah ini yaitu pendapat dari para andal perihal pengertian Pancasila, beerikut ini penjelasan selengkapnya.
Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli

- Notonegoro
Pengertian pancasila menurut Notonegoro yaitu dasar falsafah negara Indonesia, sehingga pancasila mampu diartikan sebagai kesimpulan jikalau pancasila yaitu dasar falsafah serta ideologi negara yang mampu dibutuhkan menjadi sebuah pandangan hidup bangsa Indonesia, yaitu sebagai lambang persatuan dan kesatuan, sebagai dasar pemersatu bangsa, dan juga sebagai bab dari pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

- Ir. Soekarno
Pengertian Pancasila  menurut Ir. Soekarno yaitu pancasila merupakan isi jiwa bangsa indonesia secara turun temurun yang telah lama terpendam sekian kala bisu oleh kebudayaan barat. Sehingga pancasila tidak hanya falsafat negara, namun mampu diartikan lebih luas lagi yaitu falsafah dan bangsa Indonesia.

- Muhammad Yamin
Pengertian pancasila Menurut Muhammad Yamin bermula dari kata panca yang artinya lima dan sila yang artinya dasar, sendi, asas, peraturan tingkah laku yang baik dan yang penting. Dengan begitu, pancasila yaitu lima dasar yang isinya yaitu aturan atau fatwa mengenai tingkah laku yang baik dan yang penting.

Itulah informasi perihal Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga apa yang dapat kami berikan di atas dapat bermanfaat.

Sumber http://www.temukanpengertian.com