Latest News

pengertian komunikasi, fungsi, obyek dan syarat-syaratnya

pengertian komunikasi, fungsi, obyek dan syarat-syaratnya
pengertian komunikasi, fungsi, obyek dan syarat-syaratnya

pengertian komunikasi – didalam kehidupan sehari-hari, holistik orang sempurna hendak melakukannya. merasa berasal dari berbicara, menulis surat, menelpon, komunikasi suami istri, itu holistik juga ke didalam komunikasi. istilah komunikasi sendiri disita berasal dari bhs inggris yakni communication yang bermakna sama.


nah, di artikel kali ini kalian hendak mengupas seluk-beluk perihal komunikasi. lihat baik-baik ya. semoga bermanfaat.

pengertian komunikasi dengan cara umum

arti komunikasi dengan cara umum

komunikasi merupakan sistem pengiriman dan penerimaan info atau pesan antara dua individu atau terlalu berlebih bersama efisien sehingga dapat dimengerti dengan mudah. sedang menurut kamus besar bhs indonesia, komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan kabar atau pesan berasal dari dua orang atau terlalu berlebih sehingga pesan yang dimaksud bisa dipahami.

pengertian komunikasi menurut para ahli

pengertian komunikasi menurut para ahli

para pakar mengeluarkan pendapatnya perihal klarifikasi berasal dari komunikasi. sudi tau apa saja? yuk, lihat penjelasannya selanjutnya ini.

james a.f.stoner: komunikasi merupakan sistem di mana seseorang yang tengah mengupayakan membagikan klarifikasi dengan tips pemindahan pesan.

prof. drs. h.a.w: komunikasi merupakan relasi kontak antara kemanusiaan bagus individu ataupun kelompok.
everett m. rogers: komunikasi merupakan sistem di mana suatu ide dialihkan berasal dari sumber yang satu kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud membuat membuat perubahan tingkah laku mereka.

rogers & d. lawrence kincaid: komunikasi merupakan suatu sistem di mana dua orang atau berlebihan membentuk atau menjalankan pertukaran keterangan satu dengan yang lainnya, yang di gilirannya hendak tiba di saling klarifikasi yang mendalam.

shannon & weaver: komunikasi merupakan wujud relasi kemanusiaan yang saling pengaruh dan pengaruhi satu serupa lainnya, bagus itu dengan langkah disengaja ataupun ngg sanggup disengaja. ngg bisa terbatas di bentuk komunikasi Mengenakan bhs verbal, akan tapi juga didalam hal aktualisasi muka, lukisan, seni, dan teknologi.

raymond s. ross: komunikasi merupakan suatu sistem menyortir, pilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa agar menolong pendengar menghidupkan arti atau respons dari pikirannya yang seragam bersama yang ditujukan komunikator.

prof. dr. alo liliweri: komunikasi merupakan pengalihan suatu pesan berasal dari satu sumber kepada penerima supaya mampu dipahami.

bernard berelson & gary a. steiner: komunikasi merupakan transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, bersama Mengenakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.

john r. wenburg dan william w wilmot: komunikasi merupakan suatu perjuangan bikin mendapatkan makna.
carl i.hovland: komunikasi merupakan sistem yang amat mungkin seseorang (komunikator) mengimbuhkan rangsangan buat mengubah konduite orang lain

harorl d. lasswell:  komunikasi di dasarnya merupakan suatu sistem yang jelaskan siapa, menjelaskan apa, bersama saluran apa, kepada siapa? dengan dampak apa atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?)

judy c pearson & paul e melson: komunikasi merupakan proses sadar arti dan membagi arti kepada individu atau sekelompok orang.

stewart l. tubbs & sylvia moss: komunikasi merupakan sistem pemindahan makna yang berlangsung di pada dua orang atau lebih.

william i. gordon: komunikasi dengan cara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi bergerak yang melibatkan ide dan perasaan.

djenamar. sh: komunikasi merupakan seni buat mengimbuhkan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.
william albig: komunikasi merupakan proses pemindahan perkataan yang membawa makna di antara individu-individu ataupun kelompok.

anwar arifin: komunikasi merupakan suatu rencana yang multi makna. makna komunikasi sanggup dibedakan berlandaskan komunikasi sebagai sistem sosial. komunikasi di arti ini ada dalam konteks ilmu sosial, di mana para pakar ilmu sosial mobilisasi penelitian bersama dengan kenakan pendekatan komunikasi yang dengan langkah generik memfokuskan di aktivitas kemanusiaan dan kaitannya pada pesan bersama dengan perilaku.
murphy & mendelson: komunikasi merupakan suatu perjuangan yang dijalankan membuat membangun dan mempertahankan relasi interpersonal.

aristoteles: komunikasi merupakan perjuangan yang berguna sebagai alat untuk warga masyarakat bikin mampu berpartisipasi didalam demokrasi.
redi panuju: komunikasi merupakan sistem genre yang menghubungkan dan kinerja antar fase dalam organisasi supaya membuahkan suatu sinergi.

hoben: komunikasi merupakan suatu pertukaran anggapan atau ide yang disampaikan bersama dengan cara verbal.
anderson: komunikasi merupakan proses pertukaran maksud yang berlangsung dengan cara bergerak dan bersama dengan langkah kontinu berubah sinkron dengan kondisi yang berlaku.
barnlund: komunikasi timbul di karenakan didorong oleh kebutuhan-kebutuhan membuat kurangi rasa ketidakpastian, melakukan tindakan dengan langkah efektif, dan mempertahankan atau memperkuat ego.
lexicographer: komunikasi merupakan usaha yang mempunyai tujuan membagi bikin mencapai kebersamaan. bila dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang serupa terhadap pesan yang saling dipertukarkan merupakan target yang di inginkan oleh keduanya.
sedangkan, menurut william f. glueck, komunikasi terbagi jadi dua bentuk, pada lain sebagai berikut.

interpersonal communications atau komunikasi antar spesial , maksudnya merupakan sistem pertukaran info dan terhitung pemindahan klarifikasi pada dua orang atau terlalu berlebih di didalam suatu grup kecil.
organization communications merupakan sistem di mana pembicara dengan cara sistematis membagikan info beserta memindahkan klarifikasi kepada berlimpah orang dalam suatu organisasi, kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang masih terikat hubungan.
fungsi komunikasi

seni komunikasi versus bicara

banyak sekali manfaat komunikasi yang dapat diambil alih dalam kehidupan sehari-sehari. nah, di bawah ini merupakan kira-kira fungsi dari komunikasi.

sebagai informasi: komunikasi membagikan suatu keterangan yang diperlukan dari tiap-tiap individu ataupun group di dalam mengambil suatu keputusan bersama meneruskan data membuat menilai kira-kira pilihan yang hendak diputuskan.
sebagai kendali: kegunaan komunikasi sebagai kendali membawa pengertian bahwa komunikasi berperan buat mengendalikan konduite orang lain atau bagian didalam kurang lebih tips yang kudu dipatuhi oleh holistik pihak.
sebagai motivasi: komunikasi membagikan dalam hal memotivasi melalui penjelesan yang dilaksanakan oleh para motivator.
tujuan komunikasi

apa target dari komunikasi?
ada kira-kira target komunikasi, antara lain sebagai berikut:

agar yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan. maka komunikator harus jelaskan pesan primer dengan terperinci dan sedetail mungkin.
supaya bisa mengetahui orang lain. bersama menjalankan komunikasi, setiap individu bisa mengerti individu yang lain bersama dengan kecakapan mendengar apa yang sedang dibicarakan orang lain.
supaya pendapat kalian diterima orang lain. komunikasi beserta pendekatan persuasif merupakan tips agar inspirasi kalian diterima oleh orang lain.
menggerakkan orang lain bikin menjalankan sesuatu sinkron harapan kita.
syarat-syarat komunikasi

cara komunikasi yang bagus bersama dengan orang lain

ketika dambakan mobilisasi komunikasi, diperlukan kriteria tertentu. adapun syarat-syaratnya pada lain sebagai berikut.

source: source atau sumber merupakan bahan basic di dalam penyampaian pesan buat memperkuat pesan itu sendiri. keliru satu perumpamaan komunikasi merupakan orang, lembaga, buku dan tetap berlimpah yang lainnya.

komunikator: komunikator merupakan pelaku yang memberi tambahan pesan mampu beruapa seseorang yang tengah menulis atau berbicara, mampu juga berwujud grup orang atau terhitung organisasi komunikasi sama film, radio, surat kabar, televisi dan lain sebagainya.
komunikan: komunikan merupakan penerima pesan di dalam komunikasi yang dapat berwujud seseorang, grup ataupun massa.

pesan: pesan merupakan holistik yang disampaikan oleh seorang komunikator. pesan mempunyai tema primer sebagai pengarah didalam perjuangan membuat mengubah sikap beserta tingkah laku orang lain.
saluran: saluran merupakan sarana yang digunakan oleh komunikator membuat mengimbuhkan pesan. saluran komunikasi terbagi jadi kurang lebih bagian, yaklni saluran resmi atau resmu dan saluran informal atau ngg dapat resmi.

effek: effek merupakan hasil akhir berasal dari suatu komunikasi yang terjadi.
model-model komunikasi

belajar komunikasi yang baik
unsplash
1. umpama s – r

model motivasi – tanggapan (s – r) merupakan contoh komunikasi yang paling dasar. perumpamaan ini terpengaruh oleh tekun ilmu psikologi, terutama yang beraliran behavioristik. contoh ini mengambarkan bahwa komunikasi sebagai aksi reaksi yang sederhana.

misalnya bila seorang lelaki berkedip kepada seorang wanita, sesudah itu wanita itu tersipu malu, itulah yang disebut pola s – r. pola s – r juga bisa terjadi negatif, apabila tersedia orang yang menatap orang lain bersama tatapan tajam, bisa jadi orang yang ditatapnya itu hendak balik menatap, atau menunduk malu, atau tambah memberontak.

2. contoh aristoteles

model aristoteles merupakan semisal komunikasi yang paling klasik, tak jarang termasuk disebut dengan semisal retoris. contoh komunikasi ini berlangsung kala seorang pembicara bicara kepada khalayak di dalam upaya membuat mengubah sikap mereka. di dalam hal ini ia memberikan tiga unsur dasar dalam sistem komunikasi, yaitu pembicara, pesan, dan pendengar.

3. misal lasswell

model komunikasi lasswell merupakan ungkapa verbal yang tersusun sebagai berikut:

who-says what-in which channel-to whom-with what effect?

model ini dikemukakan oleh harold lasswell tahun 1948 yang menggambarkan proses komunikasi dan fungsi-fungsi yang diembannya di dalam masyarakat.

lasswell memberikan tiga manfaat komunikasi, yaitu: supervisi lingkungan, relasi aneka macam fase yang terpisah dalam penduduk buat merespon lingkungan dan transmisi warisan sosial dari suatu generasi ke generasi lainnya.

lasswell tunjukkan bahwa ngg sanggup holistik komunikasi itu berbentuk dua arah. perumpamaan komunikasi lasswell tak jarang diterapkan didalam komunikasi massa. contoh berikut berarti bahwa komunikasi berlebihan dari satu saluran dapat membawa pesan.

demikian klarifikasi singkat berkenaan komunikasi. semoga sehabis membaca artikel ini wawasan kau jadi tambah ya. sekian dan terima kasih.

unsur-unsur komunikasi

komunikasi merupakan proses penyampaian pesan di antara kemanusiaan itu hanya bisa terjadi, seumpama tersedia seseorang yang mengimbuhkan pesan kepada orang lain bersama target tertentu, artinya komunikasi bisa berjalan jika didukung oleh terdapatnya unsur-unsur komunikasi yakni sumber, pesan, media, penerima, dan efek. ini kebanyakan termasuk bisa disebut komponen atau elemen komunikasi.

sumber

semua moment komunikasi hendak menyuruh lihat sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. di dalam komunikasi pada manusia, sumber sanggup terdiri dari satu orang, namun terhitung dapat di dalam bentuk grup andaikan sama partai, organisasi atau lembaga. sumber tak jarang disebut pengirim, komunikator atau menurut bhs inggrisnya disebut source, sender, atau encoder.

pesan

pesan yang dimaksud bersama didalam proses komunikasi merupakan sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. pesan dapat disampaikan dengan tips tatap muka atau melalui fasilitas komunikasi. isi dari pesan berikut bisa berbentuk pengetahuan pengetahuan, hiburan, informasi, hikmah atau propaganda.

media

media merupakan suatu sarana yang digunakan sebagai mediator buat memberikan pesan dari komunikator kepada khalayak. lebih kurang ahli psikologi berasumsi bahwa di dalam komunikasi manusia. fasilitas yang paling mayoritas di dalam berkomunikasi merupakan panca indra kemanusiaan mirip kemanusiaan mirip mata dan telinga.
pesan yang yang di terima oleh panca indra setelah itu hendak di menerima lantas diproses dalam asumsi kemanusiaan bikin mengontrol dan memilih sikapnya terhadap sesuatu, sebelum akan dikerjakan lewat tindakan.

namun media yang dimaksud di sini tergolong dari empat berbagai, yaitu:

media antar pribadi
media bikin relasi perorangan (antar pribadi) tempat yang sempurna digunakan ialah kurir/ utusan, surat, dan telepon.

media kelompok
dalam aktivitas komunikasi yang melibatkan khlayak terlalu berlebih berasal dari 15 orang, maka tempat komunikasi yang berlimpah digunakan merupakan fasilitas kelompok, misalnya, rapat, seminar, dan konferensi. kedap tak jarang dugunakan buat membahas hal-hal yang sifatnya urgent yang di laksanakan oleh suatu organisasi. seminar merupakan sarana komunikasi group yang dapat dihadiri sampai 150 orang. konferensi merupakan sarana komunikasi yang digunakan oleh anggota atau pengurus berasal dari organisasi tertentu. tapi kadangkala terhitung ada orang yang di luar organisasi, tapi biasanya didalam status peninjau.

media publik
media publik merupakan khalayak yang dihadiri berlebihan berasal dari 200-an orang. contahnya mirip kedap akbar, kedap raksasa dan sejenisnya.

media massa
media massa merupakan khalayak terbesar tanpa diketahui di mana mereka berada, maka biasanya digunakan sarana massa. media massa merupakan alat yang digunakan buat menambahkan pesan berasal dari sumber kepada penerima. contoh: surat kabar, radio, film, televisi, internet dan lain-lain.

penerima

penerima merupakan pihak yang jadi target pesan yang dikirim oleh sumber. penerima mampu terdiri satu orang tau lebih, bisa didalam kelompok, partai atau negara. sebutan penerima dapat terdiri berasal dari aneka macam berbagaiistilah mirip khalayak, sasaran.

proses komunikasi telah dipahami bahwa, eksistensi penerima itu di karenakan terdapatnya sumber. menjadi andaikan ngg dapat ada sumber, maka otomatis penerima juga ngg mampu ada. penerima merupakan unsur yang urgent di didalam komunikasi seandainya ngg sanggup tersedia suatu penerima hendak mengakibatkan aneka macam berbagaimasalah yang tak jarang kali menuntut pergantian dari sumber, pesan, atau saluran.

pengaruh atau efek

pengaruhnya merupakan disparitas antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dijalankan oleh penerima sebelum akan ataupun sesudah meraih pesan. efek ini dapat berlangsung di ilmu sikap dan tingkah laku seseorang. oleh di karenakan itu, pengaruh, sikap, dan tindakan seseorang sebagai dampak penerimaan pesan.

macam-macam komunikasi

seperti yang selesai diketahui bersama langkah luas bahwasanya kemanusiaan itu makhluk sosial bukan makhluk individual yang membawa keperluan bikin saling berkomunikasi dengan jenisnya. bakal tapi dalam kehidupan nyata, berlimpah orang yang masih belum trampil dalam berkomunikasi, oleh di karenakan itu, wajib kiranya kau mengenali aneka macam tips dalam penyampaian informasi.

pada dasarnya, mengenali tips penyampaian info ngg sanggup sangat susah, di karenakan sesungguhnya kalian menjalankan itu setiap hari. nah, menurut penyampaiannya dapat dibedakan menjadi:

1. komunikasi lisan
apa itu komunikasi lisan? komunikasi mulut merupakan komunikasi yang berlangsung bersama langkah pribadi dan ngg mampu ada batas jaraknya. contohnya: rapat, wawancara, atau dua orang yang tengah mengobrol. atau didalam sisi yang lain termasuk terjadi bersama cara ngg bisa privat di karenakan terpisah jarak, semisal berkata lewat telepon.

2. komunikasi tertulis
komunikasi tertulis ini selesai terlalu familiar di seratus th. kalian sekarang, dapat melalui whatsaap atau bbm. atau yang klasik yakni melalui surat. di dalam misal yang lain tersedia dalam wujud naskah, gambar/foto yang diberi catatanatau kata-kata atau yang juga termasuk merupakan spanduk yang biasa digunakan bikin memberikan keterangan kepada berlimpah orang.

ada perihal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi bersama dengan langkah tertulis, yakni sebaiknya dipertimbangkan maksud dan obyek komunikasi itu sendiri, di samping itu juga mesti dipertimbangkan efek berasal dari apa yang ditulis, misalnya, amankah catatanini atau ringan di mengertikah catatanini, dll.

komunikasi menurut maksud komunikasi

dalam berkomunikasi terhitung terkandung maksud yang komunikator. di dalam berkomunikasi seumpama ngg dapat tersedia inisiatif berasal dari komunikator, maka maksud terlaksanakannya ngg dapat hendak tercapai, contohnya adalah:

1. berpidato
2. memberi saran
3. memerintah sesuatu bikin dilakukan
4. membagikan ceramah
5. wawancara

dari umpama diatas diketahui bahwa inisiatif berasal dari komunikator merupakan aspek krusial didalam terjadinya suatu komunikasi,

komunikasi berlandaskan ruang lingkup

salah satu berbagaikomunikasi termasuk merupakan komunikasi yang terbatas di ruang lingkup yang ada. maka berasal dari itu, komunikasi berdasar ruang ini terbagi menjadi:

1. komunikasi internal

komunikasi internal merupakan komunikasi yang berjalan didalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang mana komunikasi ini berlangsung antara individu di dalam lingkup itu. di dalam aplikasinya komunikasi internal ini umumnya ada tiga jenis:

komunikasi vertikal, kebanyakan terjadi di dalam wujud atasan ke bawahan sama komando bos, teguran, peringatan, dll
komunikasi horizontal, kebanyakan terjadi dalam lingkup organisasi atau kantor sukarelawan yang seutuhnya sejajar.
komunikasi diagonal, kebanyakan berjalan didalam ruang lingkup organisasi atau kantor..
2. komunikasi eksternal

komunikasi eksternal merupakan komunikasi yang berhubungan pada organisasi atau organisasi bersama penduduk didalam aneka macam bentuk, misalnya:

a. pameran, publikasi
b. konferensi pers
c. siaran televisi, radio
d, pengabdian, bakti sosial

komunikasi menurut genre informasi

dalam komunikasi ada kurang lebih arah di dalam penyampaiannya, nah arah info inilah yang hendak memilih berbagaikomunikasi yang terjadi. maka, menurut genre info yang terjadi, komunikasi terbagi menjadi:

1. komunikasi satu arah

komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang berasal berasal dari satu pihak saja. kebanyakan komunikasi ini berlangsung sekiranya didalam keadaan darurat atau sebenarnya di karenakan proses yang terjadi di suatu organisasi sama itu, seumpama pada guru dengan murid. dll

2. komunikasi dua arah
komunikasi ini berwujud timbal balik, dalam aplikasinya, komunikasi ini berjalan ngg sanggup cuma satu pihak saja, melainkan keduanya terlibat dalam membagikan tanggapan atau feed back pada versus bicaranya.

3. komunikasi ke atas
komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan

4. komunikasi ke bawah
komunikasi dari atasan ke bawahan

5. komunikasi ke samping
komunikasi yang berlangsung pada orang-orang yang sejajar dalam kedudukan.

asal-usul komuniaksi

di eropa pengetahuan yang mempelajari pernyataan kemanusiaan di awalnya di sebut publisistik. berbeda bersama di benua amerika yag suda memkai nama communication science atau ilmu komunikasi.

joseph publitzer (1993) yang inginkan suatu sekolah jurnalismedi amerika mendapat respon positf berasal dari rektor harvard university, chrles elliot dan nicholas murray butler. di sinilah perkembangan fasilitas komunikasi massa dimulai yang saat ini disebut komunikasi massa atau mass communication.

perintis dan bapak ilmu komunikasi

sebenarnya pengetahuan komunikasi selesai ada dar seratus tahun yunani dan romawi kuno. tokoh yang melepori ketika itu adalh socrates, plato dan aristoteles. jadi berkembangnya jaman, para pioner ilmu komunikasi tambah banyak. berlandaskan penelitian yang ditunaikan oleh para cendekiawan, ilmu komunikasi juga ke di dalam cabang ilmu disiplin.

di amerika serikat, setidaknya tersedia 5 nama yang diakui sebagai bapak pendiri/founding fahther ilmu komunikasi.

1. harold lasawell

lahir di donellson, illionis amerika serikat. teori komunikasinya yang kondang merupakan “who says what in which channel to whom with what effect” (siapa yang menyebutkan apa melalui saluran apa kepada siapa bersama imbas apa).

teori ini merupakan teori paling awal dari ilmu komunikasi (1948). di dalam teori tersebut, lasswell menunjukkan bahwa didalam komunikasi terdapat unsur-unsur communicator (komunikator), message (pesan), tempat (media), receiver (penerima/komunikan), dan effect (efek).

2. kurt lewin

lahir di th. 1890 dan meninggla di tahun 1947. teorinya yang terkenal merupakan “gatekeeping”, “group dynamics” dan ” consistency theory”. teori-teori bukan lahir dari kurt lewin sendiri, melainkan berasal dari para muridnya.

3. paul lazarsfeld

dia lahir dan menghabiskan hudipnya selama 30 th. di wina. ayahnya merupakan seorang pembela terdakwa formal yang miksin dan anemia sukses. namun ibunya merupakan seorang penulis namun ngg dapat mempunyai pendidikan formal. kehidupannya merupakan kumpulan pada duniaakademik dan bisnis.

sebagaimana anak-anak kalangan menengah lainnya, lazarsfeld membawa bekal pendidikan yang cukup memadai. dikala usia 24 tahun, dia mendapatkan gelar doctor di dalam matematika terapan di universitas wina.

pemikirannya yang paling kondang merupakan “two steps flow of communication” atau arus komunikasi dua tahap. inti dari pemikirannya merupakan media massa merupakan opinion leader yang di kelanjutannya hendak menghipnotis penduduk luas.

4. carl hovland

dia lahir di terlepas 12 juni 1912 di chicago. carl hovarld merupakan spesialis yang mempunyai kepribadian yang menarik. seroang pendengar yang baik, sedikit bicara namun mempunyai kecakapan yang luar biasa. di kalangan temannya, dia dikenal terlalu jenius dan produktif. dia sanggup menggerakkan berlimpah tugas sekaligus di dalam sekali waktu

carl hovland menulis buku yang bertajuk ” experiments on mass communication” yang merupakan hasil dari penelitiannya pribadi pada latihan para tentara. buku lain yang dia tulis bejudul “communication and persuation” yang hingga saat ini mejadi bahan studi mahasiswa komunikasi.

5. wilber schramm

memiliki nama orisinil wilber lang schramm, dia lahir di terlepas 5 agsustus 1907 di marieta, ohio dan wafat di lepas 27 desember 1987 di hawaii. merupakan pendiri lembaga-lembaga penelitia komunikasi di illonis tahun 1947 dan stanford th. 1956.. pemikirannya tertuang didalam buku “the osgood plus schramm circular model”.

dia meraih gelar a.b. dari kampus marietta (1928), a.m. berasal dari kampus harvard (1930) dan ph.d. berasal dari universitas iowa (1932).

ia merupakan pakar komunikasi yang gagap. kegagapannya ini diidap semenjak dia berumur 5 tahun. kegagapannya ini, menjadikan dia dan keluarga merasa malu ketika di berpidato di depan publik.