Pengertian Full Day School Serta Kelebihan Dan Kekuranganya. Full Day School menerapkan suatu konsep dasar “ Integrated-Activity” dan “Integrated-Curriculum”. Model ini yang membedakan dengan sekolah pada umumnya. Dalam Full Day School semua jadwal dan kegiatan siswa di sekolah, baik belajar, bermain, beribadah dikemas dalam sebuah sistem pendidikan. Berikut ialah penjelasan seputar pengertian Full Day School, Sistem Pembelajaran, Proses inti sistem pembelajaran serta kelebihan dan kekurangannya.
Sedangkan Fullday school menurut Sukur Basuki ialah sekolah yang sebagian waktunya digunakan untuk program-program pembelajaran yang suasana informal, tidak kaku, menyenangkan bagi siswa dan membutuhkan kretifitas dan inovasi dari guru.
Dalam hal ini Sukur berpatokan pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa waktu berguru afektif bagi anak itu hanya 3-4 jam sehari (dalam suasana formal) dan 7-8 jam sehari (dalam suasana informal).
Secara Umum sistem full day school ialah komponen-komponen yang disusun dengan teratur dan baik untuk menunjang proses pendewasaan insan (peserta didik) melalui upaya pengajaran dan pelatihan dengan waktu di sekolah yang lebih panjang atau lama dibandingkan dengan sekolah-sekolah pada umumnya.
Sumber http://seputarpengertian.blogspot.co.id/
Definisi Full Day School
Full day school berasal dari bahasa Inggris. Full artinya penuh, day artinya hari, sedang school artinya sekolah. Makara pengertian full day school ialah sekolah sepanjang hari atau proses berguru mengajar yang diberlakukan dari pagi hari hingga sore hari, mulai pukul 06.45-15.30 WIB, dengan durasi istirahat setiap dua jam sekali. Dengan demikian, sekolah dapat mengatur jadwal pelajaran dengan leluasa, diadaptasi dengan bobot mata pelajaran dan ditambah dengan pendalaman materi. Hal yang diutamakan dalam full day school ialah pengaturan jadwal mata pelajaran dan pendalaman.Sedangkan Fullday school menurut Sukur Basuki ialah sekolah yang sebagian waktunya digunakan untuk program-program pembelajaran yang suasana informal, tidak kaku, menyenangkan bagi siswa dan membutuhkan kretifitas dan inovasi dari guru.
Dalam hal ini Sukur berpatokan pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa waktu berguru afektif bagi anak itu hanya 3-4 jam sehari (dalam suasana formal) dan 7-8 jam sehari (dalam suasana informal).
Secara Umum sistem full day school ialah komponen-komponen yang disusun dengan teratur dan baik untuk menunjang proses pendewasaan insan (peserta didik) melalui upaya pengajaran dan pelatihan dengan waktu di sekolah yang lebih panjang atau lama dibandingkan dengan sekolah-sekolah pada umumnya.
Sistem Pembelajaran Full Day School
Full Day School menerapkan suatu konsep dasar “Integrated-Activity” dan “Integrated-Curriculum”. Model ini yang membedakan dengan sekolah pada umumnya. Dalam Full Day School semua jadwal dan kegiatan siswa di sekolah, baik belajar, bermain, beribadah dikemas dalam sebuah sistem pendidikan. Titik tekan pada Full Day School ialah siswa selalu berprestasi berguru dalam proses pembelajaran yang berkualitas yakni diperlukan akan terjadi perubahan positif dari setiap individu siswa sebagai hasil dari proses dan acara dalam belajar. Adapun prestasi berguru yang dimaksud terletak pada tiga ranah, yaitu:- Prestasi yang bersifat kognitif. Adapun prestasi yang bersifat kognitif ibarat kemampuan siswa dalam mengingat, memahami, menerapkan, mengamati, menganalisa, membuat analisa dan lain sebagianya. Konkritnya, siswa dapat menyebutkan dan menguraikan pelajaran ahad lalu, berarti siswa tersebut sudah dapat dianggap memiliki prestasi yang bersifat kognitif.
- Prestasi yang bersifat afektif. Siswa dapat dianggap memiliki prestasi yang bersifat afektif, kalau ia sudah bisa bersikap untuk menghargai, serta dapat mendapatkan dan menolak terhadap suatu pernyataan dan permasalahan yang sedang mereka hadapi.
- Prestasi yang bersifat psikomotorik Yang termasuk prestasi yang bersifat psikomotorik yaitu kecakapan eksperimen lisan dan nonverbal, keterampilan bertindak dan gerak. Misalnya seorang siswa mendapatkan pelajaran wacana sopan santun sopan santun kepada orang lain, khususnya kepada orang tuanya, maka si anak sudah dianggap bisa mengaplikasikannya dalam kehidupannya.
Proses inti sistem pembelajaran Full Day School
- Proses pembelajaran yang berlangsung secara aktif, kreatif, tranformatif sekaligus intensif. Sistem persekolahan dengan rujukan full day school mengindikasikan proses pembelajaran yang aktif dalam artian mengoptimalisasikan seluruh potensi untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal baik dalam pemanfaatan sarana dan prasarana di lembaga dan mewujudkan proses pembelajaran yang kondusif demi pengembangan potensi siswa yang seimbang.
- Proses pembelajaran yang dilakukan selama aktif sehari penuh tidak memforsir siswa pada pengkajian, penelaahan yang terlalu menjenuhkan. Akan tetapi, yang difokuskan ialah sistem relaksasinya yang kalem dan lepas dari jadwal yang membosankan.
Keunggulan Sistem full day school
- Sistem full day school lebih memungkinkan terwujudnya pendidikan utuh. Benyamin S. Blom menyatakan bahwa sasaran (obyectivitas) pendidikan meliputi tiga bidang yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena melalui sistem asrama dan rujukan full day school tendensi ke arah penguatan pada sisi kognitif saja dapat lebih dihindarikan, dalam arti aspek afektif siswa dapat lebih diarahkan demikian juga pada aspek psikomotoriknya.
- Sistem full day school lebih memungkinkan terwujudnya intensifikasi dan efektivitas proses edukasi. Full day school dengan rujukan asrama yang tersentralisir dan sistem pengawasan 24 jam sangat memungkinkan bagi terwujudnya intensifikasi proses pendidikan dalam arti siswa lebih mudah diarahkan dan dibentuk sesuai dengan misi dan orientasi lembaga bersangkutan, alasannya acara siswa lebih mudah terpantau karena semenjak awal sudah diarahkan.
- Sistem full day school merupakan lembaga yang terbukti efektif dalam mengaplikasikan kemampuan siswa dalam segala hal, ibarat aplikasi PAI yang mencakup semua ranah baik kognitif, afektif maupun psikomotorik dan juga kemampuan bahasa asing.
Kekurangan Sistem full day school
- Sistem full day school acapkali menjadikan rasa bosan pada siswa. Sistem pembelajaran dengan rujukan full day school membutuhkan kesiapan baik fisik, psikologis, maupun intelektual yang bagus. Jadwal kegiatan pembelajaran yang padat dan penerapan sanksi yang konsisten dalam batas tertentu akan meyebabkan siswa menjadi jenuh. Namun bagi mereka yang telah siap, hal tersebut bukan suatu masalah, tetapi justru akan mendatangkan keasyikan tersendiri, oleh balasannya kejelian dan improvisasi pengelolaan dalam hal ini sangat dibutuhkan. Keahlian dalam merancang full day school sehingga tidak membosankan.
- Sistem full day school memerlukan perhatian dan kesungguhan administrasi bagi pengelola, biar proses pembelajaran pada lembaga pendidikan yang berpola full day school berlangsung optimal, sangat dibutuhkan perhatian dan curahan pemikiran terlebih dari pengelolaannya, bahkan pengorbanan baik fisik, psikologis, material dan lainnya. Tanpa hal demikian, full day school tidak akan mencapai hasil optimal bahkan boleh jadi hanya sekedar rutinitas yang tanpa makna.