Latest News

Pengertian Domain Serta Contohnya

Tulisan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian domain serta contohnya yang banyak sekali kita temukan didalam jaringan internet. Mungkin sebagian dari kau yang membaca goresan pena ini sering mendengar atau setidaknya pernah mendengar kata "domain" namun tidak mengetahui apa artinya. Oleh alasannya itu kau baca terus goresan pena yang satu ini yang membahas mengenai pengertian domain dan juga contohnya, silahkan disimak baik-baik isu yang berikut ini:

 Tulisan kali ini kita akan membahas mengenai  Pengertian Domain Serta Contohnya
Source : https://www.flickr.com/photos/bloggingbookshelf/5910411419

Pengertian Domain

Pengertian Domain dan Contohnya

Untuk memudahkan mengetahuinya kita ambil saja contohnya https://facebook.com/, itu merupakan nama domain dari situs jejaring terkemuka Facebook dengan domain .com yang artinya dipakai untuk organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk komersial atau profit. Didalam Facebook terdapat halaman https://developers.facebook.com/ yang merupakan halaman untuk para pengembang Facebook, dan yang demikan disebut dengan subdomain (untuk developersnya saja), sudah mengertikan apa itu domain?

Untuk lebih menjelaskan lagi mari kita sama-sama saksikan pengertian domain berdasarkan Wikipedia. Wikipedia mendefinisikan domain sebagai suatu nama yang unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah nama dari server komputerseperti contohnya web server atau email server yang ada didalam jaringan internet. Penggunaan nama domain dikarenakan untuk mempermudah dalam mengakses ke server daripada harus mengingat deretan angka rumit yang biasa disebut dengan IP address (alamat IP). Nama domain dikenal juga dengan istilah situs web atau URL (Uniform Resource Locator).

Baca Juga : Pengertian Chatting dan Contoh Aplikasinya

Apakah Kamu Punya Pengertian Domain Lainnya?

Contoh Domain

Generic Top Level Domain (GTLD)

Nampaknya Generic Top Level Domain merupakan domain yang paling banyak dipakai sebagai alamat website lantaran banyak sekali macam alasan tentunya. Menurut data yang ada pada November 2015 jumlah GTLD lebih dari 700 domain dan 1.900 lainnya menunggu dalam daftar. Dan inilah beberapa rujukan domain yang banyak dipakai sebagai alamat website, blog atau yang lainnya:
.com - dipakai untuk kepentingan organisasi komersial.
.net - dipakai untuk kepentingan jaringan organisasi.
.org - dipakai untuk kepentingan organisasi.
.info - dipakai untuk kepentingan informasi.
.name - dipakai untuk kepentingan personal atau pribadi.
.edu - dipakai untuk kepentingan pendidikan.
.mil - dipakai untuk kepentingan militer.
.biz - dipakai untuk kepentingan bisnis.
.tv - dipakai untuk kepentingan pertelevisian.
.travel - dipakai untuk kepentingan pariwisata.

Country Coded Top Level Domain (CcTLD)

Selain domain tingkat tinggi yang sifatnya umum (GLTD) yang dijelaskan sebelumnya, ada juga yang namanya CcTLD atau Country Coded Top Level Domain menyerupai contohnya .co.id untuk negara Indonesia, co.uk untuk negara Inggris, .sa untuk negara Arab saudi dan masih banyak lagi rujukan yang lainnya.

Untuk negara Indonesia sendiri selain .co.id ada juga domain-domain lainnya yang hanya diperuntukan untuk Indonesia, contohnya saja
.ac.id - dipakai untuk kepentingan pendidikan atau akademik.
.co.id - dipakai untuk kepentingan organisasi profit atau komersial.
.or.id - dipakai untuk kepentingan organsiasi.
.net.id - dipakai untuk kepentingan jaringan.
.web.id - dipakai untuk pentingan langsung atau kelompok.
.sch.id - dipakai untuk kepentingan sekolah atau pendidikan.
.go.id - dipakai untuk kepentingan instansi pemerintah.
.mil.id - dipakai untuk kepentingan militer atau pertahanan.
war.net.id - - dipakai untuk kepentingan warung internet.
Artikel Lainnya : Pengertian Web Browser

Nah itulah goresan pena mengenai pengertian domain baik yang secara umum kita ketahui bersama ataupun yang didefinisikan oleh Wikipedia. Dalam goresan pena ini juga kita sanggup mengetahui mengani contoh-contoh domain baik itu yang berupa GTLD, CcTLD maupun yang lainnya. Semoga goresan pena mengenai pengertian domain dan juga contohnya sanggup bermanfaat untuk kau semua para pembaca yang baik hati.
Sumber http://sukasosial.blogspot.com/