Latest News

Berbagai Pola Organisasi Internasional

Tulisan ini mengenai banyak sekali macam contoh organisasi internasional yang perlu kau ketahui, pada umumnya organisasi ini yakni perkumpulan negara-negara yang mempunyai visi dan tujuan yang sama. Ketahuilah bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam banyak sekali aktivitas organisasi internasional dengan gaya politik luar negerinya yaitu bebas aktif. Dan inilah contoh organisasi internasional yang perlu kau tahu, silahkan disimak informasinya berikut ini:

 pada umumnya organisasi ini yakni perkumpulan negara Berbagai Contoh Organisasi Internasional
Source :  " target="_blank">Pengertian Organisasi Internasional

2. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

OPEC merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara pengekspor minyak bumi yang mayoritasnya yakni negara-negara yang berada dikawasan Timur Tengah menyerupai contohnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan juga Qatar. Sebenarnya Indonesia juga pernah menjadi bab dari OPEC namun pada tahun 2008 Indonesia mengundurkan diri alasannya yakni sudah tidak lagi menjadi pengekspor minyak.

3. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

APEC merupakan abreviasi dari Asia-Pacific Economic Cooperation yang artinya Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. Indonesia merupakan salah satu bab dari organisasi ini bersama beberapa negara dikawasan Asia Pasifik lainnya menyerupai Amerika Serikan, China dan yang lainnya. Tujuan dari organisasi ini yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong perdagangan bebas.

Artikel Lainnya : Definisi Organisasi Internasional

4. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)

ASEAN merupakan abreviasi dari Association of Southeast Asian Nations yang mempunyai arti Perhimpunan Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan anggota dari organisasi regional ini sekaligus pendirinya bersama empat negara lainnya yaitu Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Tujuannya yakni untuk memajukan ekonomi, politik, sosial dan budya dikawasan Asia Tenggara.

Nah itulah beberapa contoh dari organisasi internasional yang seharusnya kau ketahui, alangkah lebih baik lagi kalau kau mengenal dan memahaminya lebih dalam. Organisasi-organisasi bertaraf global tersebut yakni organisasi dimana Indonesia menjadi anggotanya walapun dikala ini Indonesia sudah tidak menjadi anggota OPEC lagi, setidaknya Indonesia pernah menjadi bab dan aktif dalam OPEC. Semoga goresan pena mengenai contoh organisasi internasional ini bermanfaat untuk kau semua dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Sumber http://sukasosial.blogspot.com/