Latest News

5 Teladan Globalisasi Dalam Bidang Sosial

Tulisan ini menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa contoh globalisasi dalam bidang sosial yang sedang kita alami ketika ini. Tulisan ini dibentuk sebagai rujukan untuk kamu-kamu yang sedang mengerjakan kiprah mengenai contoh-contoh daripada proses globalisasi atau kau yang ingin mengetahui lebih jauh seputar globalisasi dan juga contohnya. So, simak baik-baik goresan pena yang berikut ini mengenai 5 contoh globalisasi dalam bidang sosial, check this out:

Source : https://www.flickr.com/groups/letter-number-symbol_by-felixss/

Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

5 Contoh Globalisasi Dalam Bidang Sosial

1. Masyarakat Tidak Lagi Homogen

Satu teladan globalisasi didalam masyarakat ketika ini yakni tidak lagi sejenis alias heterogen. Misalnya saja di Jakarta yang tidak hanya dihuni oleh orang Betawi melainkan juga orang Sunda, Sumatera bahkan ekspatriat dari luar negeri.

2. Masuknya Bahasa Asing

Masuknya bahasa gila merupakan salah satu imbas dari proses globalisasi yang terjadi pada ketika ini. Kita dapat lihat dari menjamurnya daerah kursus bahasa gila ditanah air menyerupai Bahasa Inggris, Jepang, Arab, Prancis, Spanyol, dll.

3. Banyak Perempuan yang Bekerja

"Dapur, Sumur, Kasur" merupakan slogan acara untuk perempuan pada masa lampau, namun kini jargon tersebut sudah tidak berlaku lagi sepenuhnya, hal ini dikarenakan ketika ini sudah banyak perempuan yang bekerja keluar rumah.

4. Sikap Individualistis yang Semakin Terlihat

Salah satu teladan globalisasi yang merupakan jawaban jelek dari proses globalisasi yang terjadi pada ketika ini yakni meningkatnya perilaku individualitis dikalangan masyarakat, tentunya ini tidak baik dan harus segera dihilangkan.

5. Pudarnya Sikap Gotong Royong

Salah satu identitas Indonesia yang diakui masyarakat dunia yakni perilaku gotong royong. Namun amat disayangkan semakin usang perilaku menyerupai ini semakin pudar dan bila didiamkan saja bukan mustahil perilaku ini akan hilang.

Nah itulah beberapa contoh globalisasi dalam bidang sosial yang mungkin kita merasakannya dalam kehidupan bermasyarakat yang ada disekitar kita. Oleh lantaran itu kita harus dapat menfilternya, yang baik harus dioptimalkan dan yang jelek harus kita buang jauh-jauh. Sekian klarifikasi singkat mengenai contoh globalisasi biar bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Sumber http://sukasosial.blogspot.com/