Latest News

Profil 8 Negara Asia Timur Beserta Ibukotanya

Asia Timur merupakan salah satu daerah didalam Benua Asia, luasnya 6,6 juta kilometer persegi atau sekitar 15% dari luas daratan dimuka bumi ini. Kamu perlu mengetahui bahwa populasi penduduk yang ada dikawasan ini sangatlah besar sekali, adalah sekitar 25% penduduk dunia atau setara dengan 1,5 milyar penduduk. Dan inilah pembahasan mengenai profil negara-negara dikawasan Asia barat, silahkan simak goresan pena yang berikut ini baik-baik:

Source : https://www.flickr.com/photos/86684724@N00/5315237506

8 Negara di Asia Timur

Profil 8 Negara di Asia Timur Beserta Ibukotanya

  1. China, negara dengan jumlah populasi terbesar dunia ini beribukota di Kota Beijing. Negara ini mempunyai luas wilayah hampir 9,6 juta kilometer persegi dengan populasi sekitar 1,34 milyar penduduk.
  2. Hongkong, salah satu negara kecil di Asia Timur ini beribukota di Kota Hongkong. Luas daerahnya hanya sekitar 1.104 kilometer persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 7 juta jiwa.
  3. Jepang, negara yang dijuluki dengan negeri matahari terbit ini mempunyai ibukota di Kota Tokyo. Jepang mempunyai luas wilayah sekitar 378 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 128 juta orang.
  4. Makau, negara kecil lainnya yang ada di Asia Barat ini mempunyai ibukota di Kota Makau. Luas daerahnya hanya 30 kilometer saja namun jumlah penduduknya mencapai lebih dari 550 ribu juta jiwa.
  5. Mongolia, negara yang dapat masuk dalam daerah Asia Tengah ini beribukota di Ulan Bator. Luas wilayah negara ini sekitar 1,56 juta kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 2,8 juta jiwa.
  6. Korea Utara, negara yang penuh dengan kontroversi ini mempunyai ibukota di Kota Pyongyang. Korea Utara mempunyai luas wilayah sekitar 120 ribu kilometer dengan jumlah penduduk sekitar 24 juta jiwa.
  7. Korea Selatan, negara yang sedang heboh dengan K-Popnya ini mempunyai ibukota di Seoul. Luas daerahnya tidak mencapai 100 ribu kilometer namun jumlah penduduknya hampir 50 juta jiwa.
  8. Taiwan, negara yang satu ini mempunyai ibukota di Kota Taipei. Luas wilayah dari negeri Taiwan yakni hanya sekitar 36 ribu kilometer saja namun jumlah penduduknya dapat mencapai lebih dari 23 juta jiwa.
Nah itulah klarifikasi singkat mengenai nama-nama negara yang ada dikawasan Asia Barat beserta dengan nama ibukotanya. Dalam goresan pena tersebut juga diterangkan mengenai luas wilayah dan jumlah penduduk dari masing-masing negara yang ada di Asia Barat tersebut. Semoga goresan pena yang tidak seberapa ini dapat menawarkan manfaat kepada para pembaca sekalian dan terima kasih banyak.

Sumber http://sukasosial.blogspot.com/